28 Siswa/i MAN 1 Kukar Menerima Bantuan PIP Tahap II Tunai

Rabu, 16 September 2020 | 10:35       Dibaca 215 kali

Penyerahan PIP Tahap II Tahun 2020

Kota Bangun (Madrasah) - Selasa (15/9), sebanyak 28 siswa MA Negeri 1 Kutai Kartanegara mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Program Indonesia Pintar (PIP) tahap II. PIP adalah bantuan dana pendidikan dalam bentuk bantuan dana tunai yang diberikan kepada siswa sekolah dan madrasah. 

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Madrasah Dra. Indarti pada Selasa (15/9). Menurut keterangannya, pada tahun 2019 memang telah diajukan data siswa oleh pihak madrasah melalui Kementerian Agama untuk program bantuan tersebut. 

Menurutnya, sesuai aturan, siswa yang diajukan adalah pemegang kartu Indonesia pintar (KIP), program keluarga harapan (PKH), kartu keluarga sejahtera (KKS) maupun Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Semua data siswa diusulkan dan diupdate sesuai kondisi siswa dan diverifikasi di pusat. Selanjutnya disinkronkan dengan Data Tepadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada Kemensos. Maka sejumlah 28 siswa tersebut mendapat bantuan PIP tahap II yang diberikan untuk tahun ini. 

"Sejak Selasa kemarin sampai Rabu, bantuan dana pendidikan dari pemerintah tersebut didistribusikan secara langsung dalam bentuk dana tunai pada siswa penerima PIP di madrasah itu. Kebijakan tersebut terkait pandemi, dimana bantuan PIP tesebut diberikan dalam bentuk dana tunai yang langsung diambil pihak madrasah ke Bank. Selanjutnya, dana tunai itu dibagikan pada siswa penerima PIP," ungkap Indarti.

"Jadi bukan siswa yang langsung mencairkan di Bank. Kita telah mengambil dari Bank, dana PIP dari pemerintah untuk 28 siswa kita sejumlah dua puluh delapan juta rupiah. Sejak kemarin kita sudah membagikan pada siswa secara bertahap. Sesuai ketentuan dan protokol kesehatan, 28 orang siswa tersebut menerima dana PIP sebanyak satu juta rupiah per orangnya," ungkap Indarti.

"Kami juga sudah mengingatkan siswa/i yang menerima bantuan PIP tahap II agar menggunakan dana tersebut untuk kepentingan pendidikan mereka. Kita berterima kasih pada pemerintah yang telah menganggarkan dana tersebut bagi membantu pendidikan para pelajar. Kita juga bersyukur sebanyak 28 orang siswa ikut sebagai penerima bantuan," pungkasnya. 

Sementara itu, menurut M. Nur Arif selaku Staf Tata Usaha MA yang ikut membantu mendistribusikan dana tersebut, bantuan sudah sampai ke tangan siswa yang tercatat sebagai penerima PIP. Menurutnya, pihak madrasah hanya membantu penyaluran dana. Semua dijalankan sesuai aturan. Dimana 28 siswa tersebut menerima sebanyak satu juta per orang tanpa dikurangi sedikitpun. (zain/rif)