Kemenag PPU Narsum Komsis Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme

Rabu, 16 September 2020 | 22:19       Dibaca 67 kali


Penajam Paser Utara (Humas) - Kodim 0913/PPU menggelar Kegiatan Komunikasi Sosial Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Separatisme, Kegiatan dihadiri oleh Perwakilan Ormas, Tomas, Toga, Todat, dan Satpol PP, Rabu (16/9) bertempat di Aula Makodim 0913/PPU.

Kegiatan Komsos bertemakan merawat kebhinekaan untuk tangkal radikalisme/separatisme dalam bingkai NKRI dibuka langsung Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho, S.I.P.

Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho yang mengaku baru sebulan menjabat Komandan Kodim 0913/PPU dalam sambutannya menyampaikan, bahwa komunikasi sosial Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal radikalisme separatisme.

Sembari memperkenalkan diri Dandim berharap kehadirannya di PPU dapat diterima oleh warga Benuo Taka (yang artinya Daerah Kita atau Kampung Halaman Kita). Ia juga katakan bahwa dirinya sudah tak asing dengan daerah ini karena sering melakukan perjalanan antara Kaltim dan Kalsel. Kegiatan ini lanjut Dandim sebagai upaya menyampaikan pesan-pesan tentang pentingnya wawasan keagamaan dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan yang bersifat terbuka dan toleransi dalam upaya mencegah provokasi dan hasutan dari pembentukan paham radikalisme/separatisme.

Sambung Dandim, dalam beberapa hari lalu dirinya sudah menjelajah wilayah PPU, dimaksudkan untuk mengetahui lebih banyak tentang kondisi dan potensi Kabupaten Penajam Paser Utara. Melalui kesempatan itu, Dandim menghimbau semua yang hadir dalam komunikasi sosial agar dapat berperan serta meningkatkan disiplin masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Sementara itu, Kakankemenag Penajam Paser Utara Drs. H. Maslekhan pada kesempatan menyampaikan materi mengajak kepada peserta yang hadir untuk menjaga budaya, dan adat istiadat sebagai bentuk perwujudan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan segalanya, kaya budaya, kaya adat istiadat serta kaya sumber daya alam. Selain Kemenag hadir sebagai narasumber dari Badan Kesbangpol PPU dengan materi pengertian, ciri dan bahaya radikalisme ekstrimisme. Radikal dalam paparan Kesbangpol adalah paham atau aliran yang menginginkan perubahan dan pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan dan drastis (ekstrim).

Hadir dalam kegiatan, selain Dandim 0913/PPU, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara, Waka Polres PPU juga turut menghadiri giat Kodim 0913/PPU. (bud)