Ajak Masyarakat Beramal, Kasi Pemberdayaan Zakat Dan Wakaf Kanwil Kunjungi Kubar

Kamis, 17 September 2020 | 07:49       Dibaca 97 kali

Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Kaltim Dra. Hj Aniek Prameswati, MM saat bertemu Kasi Bimas Islam H.Ikran, S.Ag,(17/9). (

Kutai Barat (Humas) - Peduli akan tumbuh kembang layanan zakat dan wakaf, Rabu (16/7) seksi pemberdayaan zakat dan wakaf Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah kementerian Agama provinsi Kalimantan Timur dipimpin Dra. Hj. Aniek Prameswati, MM kunjungi Kabupaten Kutai Barat.

Kepala seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kubar H. Ikran, S. Ag., dengan senang hati atas kunjungan ini dengan harapan kedatangan tim monitoring ini dapat memberikan solusi demi kemajuan lembaga zakat dan wakaf di kabupaten ini.

Hj. Aniek dalam keterangannya menjelaskan, perkembangan perzakatan di wilayah Kabupaten Kutai Barat belum begitu menggembirakan hingga saat ini, kami datang untuk mengetahui permasalahan apa yang sedang dialami, dan segera kami akan menawarkan bantuan solusi apa yang harus dilakukan untuk menggairahkan masyarakat kembali berzakat. Tentu lembaga Baznas yang  menjadi media awal kami akan melakukan kunjungan, sebut Aniek.

Pengurus  Baznas harus terlebih dahulu solid akan tugas yang diembannya, dan mengerti apa yang menjadi beban tanggung jawabnya. Yakinkan kepada masyarakat bahwa berzakat itu merupakan amalan penting baik untuk kehidupan di dunia dan akhirat kelak. Pengurus harus mampu memberikan kepercayaan kepada masyarakat, sehingga dengan suka cita mereka ikhlas menyumbangkan hartanya demi menolong sesama yang sedang membutuhkan.

Kantor Kementerian Agama di kabupaten memiliki tanggung jawab dalam hal pembinaan Baznas agar lembaga ini lebih terkontrol  dan berjalan dengan maksimal sesuai ketentuan syariah.

Sementara itu, terkait Badan Wakaf Indonesia (BWI) di Kutai Barat, Aniek akan memonitor sejauh mana kepengurusan dibentuk dan segera memberikan arahan agar lembaga ini semakin eksis di Kutai Barat, layaknya  tindakan zakat yang diberikan oleh masyarakat. (ed)