Kankemanag Paser Hadiri Pembinaan Desa Sadar Kerukunan

Kamis, 17 September 2020 | 14:37       Dibaca 76 kali


Paser (Humas) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Paser gelar Pembinaan Desa Sadar Kerukunan di Desa Tokare Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser, Kamis (17/9). Kegiatan tersebut merupakan wujud realisasi dari program FKUB dalam hal pemeliharaan dan pembinaan kerukunan umat pada suatu wilayah.

Kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama ini dihadiri perwakilan Kantor Kesbangpol Tanah Grogot, Pengurus FKUB, Koramil, Kapolres Batu Sopang, Perwakilan dari perusahaan PAMA dan Kideco serta tokoh masyarakat dan agama di Kecamatan Batu Sopang. Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser Drs. H. Abdul Khaliq, M. Pd yang menjadi salah satu pembicara pada kegiatan ini.

Ditekankan pada kegiatan ini pentingnya kerukunan umat beragama baik intern, antar umat beragama dan antar umat bergama dengan pemerintah. Juga diharapkan kerukunan yang sudah terjalin di Desa Sadar Kerukunan ini dapat menjadi contoh desa-desa lainnya. Selain hal tersebut dibahas pula pentingnya dukungan pemerintah setempat, perusahaan-perusahaan yang berada di Batu Kajang dan seluruh elemen masyarakat.

Pada kesempatan ini H. Abdul Khaliq kembali mengingatkan pentingnya pendataan jemaat di gereja-gereja di seluruh Kabupaten Paser guna menghindari permasalahan perpindahan jemaat dari satu gereja ke gereja lainnya. Terakhir beliau berpesan agar semua rumah ibadah melakukan proses perijinan pendirian sesuai dengan pedoman PBM no 9 dan 8 tahun 2006 serta SKB 3 Menteri. (sm)