Dukung WCD, Kemenag PPU Serahkan Barang Sampah Bernilai Ekonomis

Jumat, 18 September 2020 | 22:32       Dibaca 97 kali


Penajam Paser Utara (Humas) - Berdasar surat dari Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian LHK nomor S.333/PSLB3/PS/PLB-O/8/2020 tanggal 26 Agustus 2020, kegiatan WCD tahun 2020 ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020, berupa "Aksi Cleanup dan Pilah Sampah Dari Rumah". Tema kegiatan ini adalah "bersatu Untuk Indonesia Bersih" yang relevan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi saat ini.

Dalam rangka mendukung kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2020 yang serempak dilaksanakan pada 19 September 2020, Pemkab Penajam Paser Utara mengeluarkan Surat Edaran pelaksanaan kegiatan WCD tahun 2020 yang dilaksanakan hari Jum'at (18/9). Adapun kegiatan itu berupa aksi cleanup dan pilah sampah dari rumah, gotong royong membersihkan sampah disekitar wilayah kerja/kantor masing-masing dengan protokol Covid19, dan membawa sampah dari rumah yang sudah dipilah dan masih bernilai ekonomis.

Dalam surat edaran mengintruksikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah agar dapat mendukung kegiatan tersebut dan bersinergi dalam menggerakkan masyarakat untuk memilah sampah dari rumah.

Tidak ketinggalan, dalam menyambut hari WCD Kantor Kementerian Agama Penajam Paser Utara melakukan kegiatan bersih-bersih, pungut sampah di sekitar lingkungan kantor. Sejak pukul 08.00 pagi, seluruh pegawai siap bergotong royong menyisir lingkungan kantor untuk memungut sampah, menyapu dan membersihkan lingkungan mushalla, serta membersihkan ataupun menguras air kolam yang berada dilingkungan kantor.

Untuk pilah sampah itu sendiri Kantor Kemenag PPU sudah mengumpulkan sampah yang terdiri dari bahan kardus, plastik, botol mineral, kaleng susu/biskuit, aluminium dan jenis sampah lainnya. Jenis sampah yang bernilai ekonomis ini selanjutnya diambil oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Pada kesempatan usai kegiatan gotong royong Kepala Kantor Kemenag Penajam Paser Utara H. Maslekhan menyerahkan barang sampah ekonomis kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati dihalaman kantor Kemenag PPU.

Hj. Tita Deritayati menjelaskan sebenarnya kegitan ini dalam rangka melibatkan peran serta masyarakat maupun SKPD untuk memilah sampahnya, sebenarnya sampah ini dari rumah dibawa ke bank sampah. "kita SKPD ingin memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa semua sampah itu tidak harus dibuang ke TPS (tempat pembuangan sampah), tapi bisa dimanfaatkan yang nantinya akan bisa mengurangi volume sampah, sehingga membantu kami dari sisi pengangkutan, sampahnya berkurang, kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya oleh Kemenag yang sudah membantu dan mendukung kegiatan WCD ini, karena siapa lagi yang peduli selain kita semua," ungkap Tita.

Tita menyebutnya dengan sedekah sampah, mengajak warga di daerah ini berdonasi untuk membantu menanggulangi mewabahnya virus corona melalui sedekah sampah. Program sedekah sampah merupakan gagasan baru DLH Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengajak masyarakat berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kemenag PPU H. Maslekhan kaitannya dengan kegiatan pilah sampah mengungkapkan sangat mendukung program semacam ini yang sudah menjadi komitmen pemerintah yang bertujuan untuk menjaga kebersihan masyarakat, hanya saja ini dipasilitasi oleh pemerintah untuk membantu dalam hal pembuangannya, seandainya ini dibuang sendiri oleh masyarakat tentunya di TPS menjadi penuh yang pada akhirnya menjadi pemborosan dalam biaya, misal kendaraan sampah yang semestinya sekali angkut akan menjadi dua kali angkut, nah bolak balik ini juga memerlukan biaya, dengan adanya seperti ini yang cukup sekali angkut kita juga turut membantu pemerintah, terang kepala kantor.

Menurut kepala DLH pilah sampah ini bukan hanya hari ini, namun bisa kapanpun dan pihaknya siap menjemput barang sampah yang bernilai ekonomis. (bud)