Kemenag Paser Musnahkan Buku Nikah Kadaluarsa

Kamis, 08 Oktober 2020 | 22:22       Dibaca 449 kali

Pemusnahan Buku Nikah Kadaluarsa yang disaksikan langsung oleh Kepala Kankemenag Paser, H. Abdul Khaliq

Paser (Humas) - Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor : B.2458/DJ.III/PW.01/09/2016 tentang Penghapusan Blanko Nikah Kadaluarsa dengan pedoman Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 607 Tahun 2020. Kamis (8/10) siang, Bertempat di Halaman Belakang Kantor Kemenag Paser dilaksanakan kegiatan pemusnahan / penghapusan blangko nikah kadaluarsa yang berasal dari 10 KUA Kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Paser.

Pemusnahan blangko nikah tersebut dikumpulkan kemudian dibakar dan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kemenag Paser H. Abdul Khaliq, Kasubbag Tata Usaha H. Nasruddin, Kepala Seksi Bimas Islam H. Nanang Sujana, Perencana Pertama Dyah Marthaning Tyas, Pelaksana pada Seksi Bimas Islam dan Pengelola BMN

Kepala Kantor Kemenag Paser, H. Abdul Khaliq menjelaskan bahwa pemusnahan ini dilakukan agar blangko buku kutipan akta nikah tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, karena buku kutipan akta nikah tersebut sudah tidak berlaku lagi.

“Pemusnahan buku nikah ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sebab buku nikah sangat mungkin dipakai untuk memasukkan data orang lain dengan tujuan-tujuan tertentu,” tegasnya.

Adapun jumlah buku nikah yang telah Kadaluarsa dan rusak berjumlah 6.384 pasang yang terkumpul mulai dari Tahun 1978 s/d 2013. Buku Nikah tersebut dikatakan kadaluarsa karena ditandatangani oleh Menteri Agama terdahulu, sementara buku nikah yang dipakai sekarang ini adalah cetakan baru yang ditandatangani oleh Menteri Agama Fachrul Razi dan akan didistribusikan ke masing-masing KUA, ungkap Kasi Bimas Islam H. Nanang Sujana.

Dengan adanya pemusnahan blanko nikah yang Kadaluarsa ini diharapkan tercipta tertib administrasi pengelolaan BMN, dan buku nikah dapat disalurkan dengan baik sesuai alokasi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Siti Hajrah Nuraeni yang merupakan Pelaksana Penyusun Bahan Pembinaan pada Seksi Bina KUA Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur. (Lf)