Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula Madrasah di MAN PPU

Senin, 08 Maret 2021 | 11:38       Dibaca 37 kali

Sosialisasi Program Induksi Guru Pemula Madrasah

PPU (Madrasah) Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM) di MAN PPU memang sudah menjadi agenda pada tanggal 8 Maret 2021. Kegiatan sosialisai PIGPM ini di sampaikan oleh bapak Drs. H. Wiyoto, MM., beliau adalah pengawas Madarsah Aliyah kabupaten Penajam Paser Utara. Senin (08/03)

Salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh para CPNS adalah Program Induksi Guru Pemula Madrasah  (PIGPM). Kegiatan ini sebagai prasyarat yang harus dilalui oleh para CPNS untuk nantinya beralih ke status PNS selain program LATSAR/Prajabatan nantinya.

Program Induksi Guru Pemula adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran bagi guru pemula pada satuan pendidikan di tempat tugasnya. Tujuan Program Induksi bagi Guru Pemula adalah membimbing guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah dan membantu guru pemula agar mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah/madrasah tempat bertugas.

Sebanyak 8 CPNS MAN PPU tak luput dari program tersebut. Kegiatan ini dimonitoring langsung oleh pengawas madrasah bapak Drs. H. Wiyoto, MM., di dampingi oleh  bapak Fatah, S.Pd., Sebagai kepala madrasah MAN PPU serta beberapa waka kurikulum MAN PPU. kegiatan tersebut selain guru-guru CPNS MAN PPU kegiatan tersebut juga di hadiri bapak ibu guru PNS MAN PPU yang diberi tanggung jawab sebagai guru pembimbing untuk kegiatan program induksi guru pemula madrasah.

Pengawas madrasah berharap agar kegiatan program induksi guru pemula madrasah ini tidak dijadikan beban baik bagi guru pembimbing maupun bagi guru-guru CPNS MAN PPU. “Kegiatan PIGPM ini jangan di jadikan beban buat bapak ibu guru-guru pembimbing maupun guru CNPS MAN PPU. Silahkan jalani kegiatan ini dengan santai agar tidak menjadi beban bagi semuanya selain itu saya berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.” jelas pengawas madrasah bapak Drs. H. Wiyoto, MM.

Kegiatan yang di akhiri dengan sesi tanya jawab setelah penyampaian sosialisasi PIGPM tersebut akhirnya bisa berjalan dengan baik dan lancar. (RR)