UM Tingkat Tsanawiyah: Kemenag Paser Kunjungi Tiga Madrasah

Selasa, 23 Maret 2021 | 07:01       Dibaca 258 kali

Monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah oleh rombongan Kantor Kemenag Paser dipimpin Kasi Pendidikan Madrasah (M. Syahrul, S. Pd. I)

Paser (Humas) – Kasi Pendidikan Madrasah Muhammad Syahrul, S. Pd. I, beserta staf, didampingi Pengawas Madrasah, H. Najimuddin, S. Ag dan Drs. H. Hadi Suhaidy, melaksanakan monitoring kepada tiga Madrasah sekaligus, pada Senin (22/3).

Monitoring ini bukan hanya untuk memastikan pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun 2021 berjalan lancar, tapi juga sekaligus memantau langsung perkembangan madrasah, baik pencapaian-pencapaian maupun tantangan atau kendala yang dihadapi madrasah dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, rombongan Kantor Kemenag Paser terlebih dahulu berkunjung ke MTsN 3 Paser yang berada di Kecamatan Kuaro dan disambut langsung oleh Kepala Madrasah H. Subhan Walad, S. Pd. I.

Selain untuk melihat langsung proses pelaksanaan Ujian Madrasah, rombongan juga melihat lokasi ruang perpustakaan MTsN 3 Paser yang merupakan satu-satunya Perpustakaan Madrasah se-Kabupaten Paser yang memenuhi syarat standar Akreditasi.

“Alhamdulillah, kami memang memiliki ruang perpustakaan yang memenuhi syarat untuk Akreditasi Nasional Perpustakaan Madrasah. Dan saat ini menjadi satu-satunya Madrasah yang perpustakaannya memenuhi standar,” tutur Subhan saat menjamu rombongan di ruang kerjanya.

Setelah mengunjungi MTsN 3 Paser, rombongan melanjutkan perjalanan menuju MTsS Istiqomah di Kecamatan Long Ikis yang melaksanakan Ujian Madrasah dan diikuti 8 (delapan) siswa dengan Bidang Study Bahasa Indonesia di sesi pertama dan PPKn di sesi kedua.

Pada kunjungan ini, rombongan Kantor Kemenag Paser diperlihatkan ilustrasi batas-batas asset kepemilikan Yayasan guna pengembangan madrasah ke depannya. Kepala Madrasah M. Solihin, S. Pd, menyampaikan bahwa beliau telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat mengenai kepemilikan asset yang sah untuk memudahkan proses pengembangan terhadap madrasah.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini kelurahan setempat. Hal ini guna memperjelas status asset tanah milik Yayasan Istiqomah dan memudahkan dalam proses pengembangan madrassah dikemudian hari,” jelas Solihin.

Kunjungan ini akhirnya ditutup dengan mendatangi MTsS Al-Ikhlas Long Kali, juga untuk melihat proses pelaksanaan Ujian Madrasah tingkat Madrasah Tsanawiyah di hari yang pertama. Sawib, S. Ag, selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa ujian sejatinya dilaksanakan secara daring atau online namun untuk menjamin peserta didiknya mengikuti tahapan Ujian Madrasah dengan tertib, maka tetap diminta hadir ke Madrasah dengan mematuhi standar protokol kesehatan.

“Ujian Madrasah kami bagi menjadi 2 (dua) kelas, dan tetap menghadirkan siswa untuk melaksanakan Ujian Madrasah di sekolah agar lebih terjamin kehadiran dan ketertibannya,” ucapnya.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, M. Syahrul, menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan Madrasah dalam melaksanakan Ujian Tahun 2021. Beliau berharap agar semua madrasah baik dari tingkat MI, MTs maupun MA dapat mempersiapkan pelaksanaan Ujian Madrasah dengan sebaik-baiknya sehingga UM dapat terselenggara dengan tertib dan lancar.

“Alhamdulillah, secara keseluruhan madrasah sudah siap untuk melaksanakan Ujian Madrasah Tahun 2021. Tentu kita berharap tidak ada kendala dan dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” tutup Kasi Penmad M. Syahrul. (bas)

Kontributor : Bas

Editor : Ruhainah