MAN IC Paser Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas

Senin, 29 Maret 2021 | 13:26       Dibaca 186 kali

Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas MAN IC Paser

(Paser-Madrasah) - Sebagai satu-satunya satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi pilot project zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) Kemenag RI, berbagai tahapan dan persiapan telah dilakukan oleh MAN Insan Cendekia Paser.

Senin (29/3/2021) MAN IC Paser melaksanakan sosialisasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di lingkungan Kementerian Agama. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Administrasi  MAN IC Paser yang dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Ketua Komite MAN IC Paser, seluruh guru dan tenaga kependidikan, perwakilan OSIS, dan perwakilan OPPA. Selain itu wali murid MAN IC Paser juga mengikuti sosialisasi ZI via zoom.

Pembangunan ZI merupakan suatu program Kementerian Agama dalam upaya menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih  dan Melayani. Pencanangan Zona Integritas ini dilakukan berdasarkan Permen PAN dan RB No.10  Tahun 2019 menyebutkan ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala Madrasah, Khoirul Anam, M.Pd.I menyampaikan pentingnya komitmen bersama, antara pimpinan, seluruh GTK, siswa, bahkan orangtua/ wali murid dalam pembangunan Zona Integritas ini. “Komitmen bersama antar pimpinan, GTK, siswa, orang tua melalui komite merupakan salah satu upaya strategi dalam membangun zona integritas, maka dari itu ini perlu diperkuat untuk menciptakan pelayanan masyarakat yang bebas dari korupsi. Selain tu, strategi membangun zona integritas yang tak kalah penting diantaranya, smplifikasi dan inovasi layanan, knowing your employee, membangun kedekatan dengan stakeholders, bencmarking dengan unit yang lolos pembangunan ZI WBK, melakukan survey mandiri serta melakukan monitoring dan evaluasi” Jelas Anam.

Sosialisasi Pembangunan ZI ini disampaikan langsung Sekretaris Jenderal Pembangunan ZI MAN IC Paser, Abdul Jabbar, S.Kom. yaitu bahwa  tujuan dari pelaksanaan pembangunan Zona Integritas itu sendiri adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. “6 area zona integritas yang akan dikembangkan yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Khoirul Anam menambahkan di akhir pertemuan, melalui sosialisasi ini diharapkan rekan-rekan dapat memahami dan mempersiapkan tim pembangunan zona integritas, dengan menyiapkan data serta dokumen pendukung lainnya yang dapat dijadikan persyaratan saat penilaian tim ZI besok, Selasa (30/3). “Harapannya dapat memberi keyakinan kepada tim penilai ZI nasional dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama dengan tujuan agar predikat WBK dan WBBM dapat dicapai.” Tutup Anam.

Kontributor : Ririn Salmiyati

Editor: Maharani Ramadhanty Fitria