Tingkatkan Persiapan, MAN PPU Bimbing Siswi Peserta KSN

Selasa, 30 Maret 2021 | 11:02       Dibaca 132 kali

Bimbingan Kompetisi Sains Nasional

PPU (Madrasah) – Persiapan dan pematangan dalam menghadapi pelaksanaan Kompetensi Sains Nasional tahun 2021 terus dilaksanakan dan dijadwalkan secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar mendapat hasil yang maksimal dalam gelaran pelaksanaan kompetensi sains nasional, Selasa (30/03)

Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa baik di jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Dengan adanya pelaksanaan KSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter. Selain itu, diadakannya KSN juga sebagai strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan kompetisi sains yang telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Jadi, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya.

Jadwal bimbingan pembinaan KSN pada hari Selasa 30 Maret 2021 ini  adalah mata pelajaran Ekonomi, yang rencananya untuk mata pelajaran tersebut akan diwakili oleh siswi atas nama Arbainah XI IPS 1 dan Citra Vivi Nadhiatul Fadhilah XI IPS 2. Mereka akan bersaing dengan perwakilan siswa-siswi dari sekolah lain nantinya untuk lanjut ke tingkat provinsi.

Bimbingan yang diagendakan sekitar satu sampai dua jam itu dilaksanakan secara langsung di madrasah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Bimbingan ini akan dilaksanakan secara rutin bergantian dengan mapel KSN lainnya dan akan dilaksanakan sampai jadwal pelaksanaan KSN dimulai nantinya.

Sebagai pembimbing, Ibu Astuti Zainuddin, S.E mempunyai harapan besar kepada para peserta didik MAN PPU yang mengikuti KSN tingkat Kabupaten ini agar memperoleh hasil yang masksimal.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan bimbingan ini, anak-anak nantinya bisa memdapatkan hasil yang maksimal pada pelaksanaan gelaran KSN tingkat Kabupaten nantinya,” sebut salah satu pembimbing KSN MAN PPU itu. (RR)

Kontributor : Humas MAN Penajam Paser Utara
Editor : Windy Adi Rumawan