15 ASN Kemenag Berau Kembali Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Selasa, 06 April 2021 | 08:18       Dibaca 1280 kali

ASN Kemenag Berau Kembali mendapatkan kuota vaksinasi covid-19 di Puskesmas Bugis Kelurahan Bugis Tanjung Redeb

Berau (Humas) – ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau kembali mendapatkan kuota vaksinasi Covid-19 sebanyak 15 orang untuk layanan publik di Puskesmas Bugis Tanjung Redeb Berau, Senin (05/04).

Kelimabelas ASN Kemenag Berau tersebut adalah Khamam Khosiin, M.Pd., Siti Fatimah, S.Pd.I., Rahmiati, S.HI., Hj. Raminah, SE, Hindun Nahdiani, S.Ag., Rudyansyah, Hari Fitrianto, S. Pd.I.,  Juli Hartati, S.Ag. Hj. Salmah, M.Pd., Yuli Rahmiati, S.Ag., Idawati, S.Pd.I., Hj. Normalina, SE, H. Ramli, S.Pd.I, Achmad, Bambang Winaryadi, M.Pd.I.

Manfaat vaksin Covid-19 yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

Sedangkan manfaat lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin, akibatnya tubuh individu akan kebal.

Vaksin Covid-19 juga bermanfaat menghentikan virus dan menyebar ke seluruh tubuh, dan akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh.  

Diungkapkan salah satu ASN yang telah divaksinasi, Rahmiati, mengatakan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 tidak merasa pusing atau lelah, makan dan minum terasa juga nyaman, walaupun beberapa orang yang merasa agak mual, namun tidak berkepanjangan.

"Untuk itu kepada teman-teman yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 jangan takut untuk divaksin. Dengan adanya vaksinasi ini kita berharap bisa memutus mata rantai penularan Covid-19, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” imbuhnya. (MA)

Kontributor : Humas Kankemenag Kab. Berau
Editor : Windy Adi Rumawan