Kakankemenag Berau, Serahkan Piagam Penghargaan Kepada 2 KUA Terbaik

Rabu, 07 April 2021 | 14:57       Dibaca 92 kali

Kepala Kantor Kemenag Berau Drs. H. Sulaiman Serahkan Piagam Penghargaan kepada KUA Teluk Bayur dan Tabalar.

Berau (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau Drs. H. Sulaiman memberikan sekaligus menyerahkan 2 Piagam Penghargaan kepada Kantor Urusan Agama Kecamatan yang berprestasi di Aula Kantor Kemenag Berau, Rabu (07/04).

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau Nomor 139 Tahun 2021 Tanggal 6 April 2021 tentang Pemberian Penghargaan atas kinerja KUA Kecamatan Tahun 2020, dengan kategori Pengelola Laporan PNBP NR TerbaikTahun 2020 diberikan kepada KUA Kecamatan Teluk Bayur. Sedangkan untuk kategori Pengelola Laporan BOP Terbaik Tahun 2020 diberikan kepada KUA Kecamatan Tabalar.

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) merupakan segala sesuatu penerimaan yang diterima oleh Negara atau pemerintah tidak melalui perpajakan. PNBP Biaya Nikah merupakan bagian dari penerimaan yang diperoleh dari kegiatan pelayanan yang disediakan oleh Kantor Urusan Agama yang dibawahi oleh Kementerian Agama Tingkat Kabupaten/Kota. Untuk memotipasi seluruh KUA Kecamatan Seksi Bimas Islam memberikan suatu penilaian yang berdasarkan ketepatan waktu pelaporan, ketepatan data yang akurat kepada KUA Kecamatan Teluk Bayur.

Begitu pula pada pelaksanaan dan pengelolaan BOP seperti yang tertuang di dalam Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 340 Tahun 2020 Tanggal 23 Maret 2020, maka KUA Kecamatan Tabalar dinilai sangat baik dalam mengelola laporan, karena telah membuat perencanaan yang tepat, mampu melaksanakan dan mengelola BOP dengan baik, serta disiplindalam pertanggungjawaban dan pelaporan sesuai petunjuk pelaksanaan pengelolaan biaya operasional perkantoran pada Kantor Urusan Agama Kecamatan.  

Kepala Seksi Bimas Islam Misbahul Ulum, M.Pd. mengatakan, dengan adanya pemberian penghargaan ini, diharapkan semua KUA Kecamatan dapat meningkatkan kinerja, baik itu berupa pelayanan kepada masyarakat, tertib administrasi, ketepatan waktu penyampaian laporan lebih diperhatikan”. (MA)

Kontributor : MA

 Editor : Ruhainah