Tim Adiwiyata MAN Paser Siap Ikuti Penilaian Tingkat Provinsi

Kamis, 08 April 2021 | 14:07       Dibaca 53 kali

Tim Adiwiyata MAN Paser Membahas Penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi

Paser (Madrasah) – Bertempat di Aula MAN Paser, Tim Adiwiyata MAN Paser mengadakan pertemuan terkait penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (08/04).

Program Adiwiyata adalah program Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah. Pedoman pelaksanaan Adiwiyata diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2013. Program Adiwiyata dijalankan berdasarkan pada tiga prinsip, yakni educative, partisipatif dan Berkelanjutan. Maksudnya adalah pada prinsip educative memberikan pembelajaran dalam hal pengelolaan lingkungan hidup, sedangkan pada prinsip partisipatif artinya komunitas sekolah terlibat dalam menajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran. Kemudian prinsip berkelanjutan artinya seluruh kegiatan harus dilakukan  secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Ketua Adiwiyata MAN Paser Agil Siswadi, S.Pd mengatakan bahwa semua yang terlibat dalam keanggotaan Adiwiyata MAN Paser kali ini disibukkan dengan persiapan-persiapan untuk mengikuti penilaian Adiwiyata tingkat provinsi. Banyak hal yang harus disiapkan seperti pengisian kuisioner evaluasi mandiri calon sekolah Adiwiyata, laporan kegiatan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Sementara itu kategori penilaian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ungkapnya.

Selanjutnya Agil mengatakan bahwa sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dengan lingkungan yang sehat, bersih dan indah. Dengan adanya program Adiwiyata ini diharapkan seluruh masyarakat terutama masyarakat yang ada disekitar madrasah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang bisa menjamin kesehatan tubuh kita, semoga madrasah kita lolos pada penilaian Adiwiyata tingkat provinsi dan kita akan melanjutkan untuk mengikuti penilaian Adiwiyata tingkat nasional dan mandiri, harap Agil. (doel)

Kontributor: Tim Humas 

Editor : Ruhainah