Resmi, Kemenag Tanda Tangani MoU Dengan Disdukcapil

Kamis, 08 April 2021 | 20:25       Dibaca 52 kali

Ketiga Kepala KUA usai menandatangani MoU

Bontang (Humas)- Sebagai tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Bontang, akhirnya Selasa (6/4) lalu secara resmi dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Agama Kota Bontang dalam hal ini Kantor Urusan Agama dari 3 kecamatan.
Prosesi penandatanganan dilakukan di Ruang Rapat Utama Kantor Walikota Bontang Jalan Moh Roem Bontang Lestari. MoU tersebut merupakan bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan masyarakat dengan memberikan kemudahan untuk mengurus dokumen kependidikan terkait pernikahan.
Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Sultani mewakili Kepala Kankemenag Kota Bontang turut hadir dan menyaksikan penandatanganan MoU antar Plh Walikota Bontang Aji Erlynawati dan 3 Kepala KUA. "Tentunya kita semua berharap dengan kemudahan layanan ini bisa meningkatkan kepuasan masyarakat khususnya yang akan melangsungkan pernikahan," ucap Sultani.
"Seperti hasil pertemuan sebelumnya, MoU ini merupakan kesepakatan untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat yang akan menikah. Jadi begitu selesai Ijab Qobul status mereka langsung otomatis berubah termasuk Kartu Keluarga. Dengan begini masyarakat sudah bisa memiliki kartu identitas dengan status baru berikut KK tanpa harus mengurusnya ke Disdukcapil," tambahnya.
Selain dengan Kemenag Bontang, Disdukcapil juga menandatangani MoU dengan Pengadilan Agama untuk administrasi kependudukan masyarakat yang melakukan perceraian. (sch) 

Kontributor : Syamsul ch 

Editor : Ruhainah