Kakanwil: Wujudkan Madrasah Unggul Berkelas Dunia

Sabtu, 10 April 2021 | 22:18       Dibaca 75 kali

Sambutan Kakanwil Kemenag Kaltim di Simposium Akbar

Samarinda (Humas Kakanwil) – Kementerian Agama sebagai instansi pemerintah yang menaungi madrasah menerapkan motto “Madrasah Hebat dan Bermartabat” sebagai motivasi untuk mewujudkan madrasah yang berkualitas dan kompetitif dari lembaga pendidikan lainnya.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur Masrawan saat memberikan sambutan pada Simposium Akbar di MAN 1 Samarinda. Acara ini mengangkat tema "Integrasi, Sinergi dan Terobosan Madrasah Hebat Bermartabat Menuju Madrasah Berkelas Dunia".

Agenda ini dilaksanakan secara daring dan luring pada Sabtu, (10/4). Selain para Kepala Madrasah, hadir pula Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK)  Ahmad Umar,  Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan (APK) Bappenas Amich Alhumami, Suprapto Budi Nugroho Kasubdit Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Bappenas dan Hakimin Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim.

Pada kesempatan tersebut juga Kakanwil menyampaikan beberapa catatan untuk madrasah. “Perkembangan madrasah menuju kelas dunia semakin nyata dengan berpedoman 4 fokus program kementerian agama. Semua ini tidak lepas dari usaha kita semua untuk meningkatkan mutu madrasah,” ucap Masrawan.

Disampaikan Masrawan bahwa 4 fokus program Kementerian Agama untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat menuju kelas dunia, yaitu: pertama, vokasi, merupakan peningkatan sarana-prasarana pendukung teaching factory dan pemagangan siswa di dunia industri.

Kedua, penguasaan inscience, technology, engineering, and manthematics (STEM). Ketiga, peningkatan literasi teknologi-informasi. Keempat, penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Arab dan Inggris.

“Pendidikan berkualitas merupakan harga mati yang harus diperjuangkan dan diusahakan. Kami memastikan akan terus meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah,” tuturnya.

Kakanwil yakin, lahirnya madrasah unggul di Kalimantan Timur dapat menjadi contoh bagi semua madrasah mulai tingkat MI, MTs, dan MA. Sekaligus menjadi pilot projek dalam mewujudkan cita-cita anak bangsa yang siap berkompetisi secara global. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria