3 Kategori Nilai Zakat Fitrah 1442 H di Kota Samarinda

Selasa, 13 April 2021 | 08:34       Dibaca 5358 kali


Samarinda (Humas-Kemenag) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Samarinda melaksanakan rapat penetapan nilai kadar zakat fitri dan fidyah tahun 1442 H Kamis (1/4) pagi. Rapat dipimpin Assisten I Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda Tejo Sutarnoto.

“Rapat ini dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya untuk menentukan besaran nilai zakat fitri dan fidyah. Oleh sebab itu, usulan dari Ketua MUI Kota Samarinda, Kabag Kesra, mewakili Diskominfo, Perdagangan dari Ormas Islam yang dihadiri NU, Muhammadiyah, Baznas, Bulog akan dijadikan masukan dan dasar hukumnya untuk menjadi SK Wali Kota Samarinda tentang besaran zakat,” jelas Tejo.

 bahwa untuk Kota Samarinda nilai zakat fitri yaitu kalau beras sepakat sebesar 2.5 kg Sementara kalau uang, dijadikan tiga kategori yaitu kategori I Rp. 60. ribu, kategori II Rp. 50 ribu, dan kategori III Rp. 40 ribu. Untuk fidyah atau orang yang tidak bisa puasa karena sakit dan hamil, ditentukan besarannya adalah Rp7 ribu per hari.

Dihimbau agar masyarakat menyegerakan membayar zakat fitri tanpa harus menunggu diakhir Ramadan supaya pendistribusian dapat lebih cepat. Kemudian, menyegerakan melakukan perhitungan zakat maal (harta) yang telat sampai nisab dan haulnya. Segera menunaikannya agar dapat membantu mustahiq meringankan beban hidup dimasa pandemi corona. (HAN)

Kontributor: Humas Kankemenag Samarinda

Editor: Maharani Ramadhanty Fitria