Penetapan 1 Ramadhan 1442 H: Kemenag Gelar Rukyat Hilal

Selasa, 13 April 2021 | 09:57       Dibaca 68 kali

Tim Falakiyah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser menggelar pantauan Hilal Penetapan 1 Ramadhan 1442 H

Paser (Humas) – Anggota Tim Falakiyah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser menggelar Pemantauan Hilal Penetapan 1 Ramadhan 1442 H untuk wilayah Kabupaten Paser, bertempat di Stadion Sadurengas Kabupaten Paser, Senin (12/4).

Penetapan 1 Ramadhan ini menjadi momen yang sangat ditunggu oleh masyarakat untuk mengetahui awal puasa. Dalam kesempatan itu Drs. H. Abdul Khaliq, M. Pd, selaku Kepala Kantor Kemenag Paser sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan mampu mengahasilkan sesuatu yang bisa diterapkan terkait dengan penentuan 1 Ramadhan.

“Kementerian Agama Kabupaten Paser berharap kegiatan ini bisa menghasilkan sesuatu yang bisa diterapkan sebagimana perhitungan-perhitungan penetapan ditahun sebelumnya,” ucapnya.

Dalam prosesnya, pemantauan hilal ini juga dihadiri beberapa unsur mulai dari Pengadilan Agama, MUI, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah hingga Bagian Kesra Pemkab Paser yang ditunjuk sebagai anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Kabupaten Paser.

Berdasarkan hasil pemantauan hilal yang dilakukan oleh Tim Falakiyah, maka secara sepakat memastikan Rukyatul Hilal telah sukses diselenggarakan. Namun demikian Ketua Tim Falakiyah Drs. H. Nanang Sujana menyampaikan bahwa hasil ini akan dilaporkan kepada Pengadilan Agama yang kemudian akan mengambil sumpah kepada anggota Tim Rukyat yang telah melihat hilal.

Sementara itu, perwakilan dari Pengadilan Agama Kabupaten Paser Nanang Moh. Rofi’I Nurhidayat, S. Ag, yang juga sebagai Anggota Tim Rukyat mengatakan bahwa penentuan 1 Ramadhan pada dasarnya bukan merupakan wewenang Pengadilan Agama maupun Kemenag Paser. Melainkan hasil Rukyat ini akan menjadi bahan yang akan dibawa dalam sidang isbat sebelum ditetapkan Menteri Agama RI.

“Untuk penentuan 1 Ramadhan ini sejatinya bukan merupakan wewenang Kementerian Agama atau juga kami Pengadilan Agama. Pengadilan Agama hanya memastikan bahwa Tim Rukyat telah melihat hilal kemudian ini menjadi bahan dalam sidang isbat penentuan 1 Ramadhan,” tegas Nanang Moh Rofi’i.

Pada dasarnya hilal melalui kemungkinan rukyat sudah dapat terlihat karena sudah diatas ketinggian dua derajat, namun melihat kondisi langit yang terhalang awan dan pegunungan sehigga rukyat untuk wilayah Kabupaten Paser belum dapat terlihat. (bas)

Kontributor : Bas

Editor : Ruhainah