Kemenag & Pemkab Kutim Tetapkan Kadar Zakat Fitrah 2021

Selasa, 13 April 2021 | 13:10       Dibaca 540 kali


Kutim (Humas). Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur pada Senin (12/04) menggelar rapat terbatas bersama Pemerintah Kabupaten untuk menetapkan kadar Zakat Fitrah di tahun 1442 H tahun ini, dimana rapat tersebut dilaksanakan di ruang rapat LPTQ Masjid Agung Al Faruq lantai 2 Bukit Pelangi Sangatta.

Rapat sendiri dihadiri langsung oleh Bupati, H. Ardiansyah Sulaiman sekaligus membuka secara resmi rapat yang turut dihadiri pula oleh pihak-pihak perwakilan pengurus Dewan Masjid, organisasi Islam, KUA kecamatan terdekat, BAZNAS Kabupaten serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang juga dihadiri langsung Kepala Dinasnya, H. Zaini.

Kepala kantor Kemenag, H. Nasrun yang memimpin jalannya acara tersebut telah menetapkan besaran konversi Zakat Fitrah yang berasal dari makanan pokok atau beras yang dikonsumsi oleh masyarakat Kutai Timur saat ini dengan jumlah 2.5 kilogram perjiwanya.

Melalui keputusan bersama, berdasarkan perhitungan rata-rata konsumsi dan harga beras di Kutai Timur sendiri. Jika di konversi berupa uang dengan besaran Rp 40.000,- (nilai tertinggi perjiwa), Rp 35.000,- (nilai pertengahan perjiwa) dan Rp 25.000,- (nilai terendah perjiwa). Sedangkan Fidyah sebesar Rp. 30.0000,- perjiwa untuk perharinya.

Penentuan nilai kadar Zakat Fitrah dilakukan usai mencermati harga beras tertinggi di tiap kecamatan. Harga tertinggi sendiri berasal dari Kec. Sangkulirang dan Muara Ancalong yakni Rp. 15.000,- tapi digenapkan menjadi Rp. 16.000,- yang kemudian dikalikan dengan 2.5 % sebagai takaran makan perjiwa per harinya di tiap daerah.

Sebelumnya, Bupati H. Ardiansyah Sulaiman sendiri menyampaikan agar tidak ada penumpukan menjelang malam takbiran bagi masyarakat yang membayar zakat. Karena itu, kepada masyarakat agar sesegera mungkin dalam membayar zakat supaya tidak ada penumpukan di akhir ramadhan. Ujarnya. (fd)

Kontributor : Fd

Editor : Ruhainah