Kakanwil Kemenag Kaltim Hadiri Kaltim Berzakat 1442 Hijriah

Selasa, 27 April 2021 | 11:30       Dibaca 97 kali

Foto bersama Kakanwil, Wagub, Ketua Baznas dan jajarannya

Samarinda (Humas Kanwil) – Kalimantan Timur Berzakat sudah menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya di bulan suci Ramadan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur, Bankaltimtara dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Timur.

Agenda ini dilakukan guna memaksimalkan kesadaran umat Islam di Kaltim dalam upaya meningkatkan kewajiban pembayaran zakat, baik zakat fitrah maupun zakat harta. Tahun ini Kaltim Berzakat mengangkat tema “Gerakan Cinta Zakat” bertempat di Masjid Pemprov Kaltim Nurul Mu’Minin pada Selasa, (27/4).

Penyerahan secara simbolis zakat oleh Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan kepada Ketua Baznas Kaltim Achmad Nahban

Hadir dalam agenda Kaltim Berzakat Kakanwil Kementerian Agama Kaltim Masrawan menyerahkan secara simbolis zakat profesi ASN di lingkup Kementerian Agama Kalimantan Timur kepada Ketua Baznas Kaltim Achmad Nabhan.  

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan bentuk kesadaran menunaikan kewajiban sebagai umat Islam adalah membayar zakat, juga memberi infaq dan sedekah.

"Semoga zakat, infaq dan sedekah di Kaltim ini tidak sekadar memberikan kesejahteraan bagi fakir miskin, tetapi menolak bala bagi daerah kita, sehingga Kaltim terhindar dari musibah dan mara bahaya," harap Hadi.

Pengumpulan zakat, infaq dan sedekah melalui Baznas ini sekaligus mendukung Baznas Kaltim untuk mencapai target penerimaan dan penyaluran kepada masyarakat yang berhak menerima  zakat  tahun ini.

Zakat merupakan salah satu ibadah yang dalam ajaran Islam hukumnya wajib. Selain itu, zakat berfungsi sebagai perwujudan solidaritas sosial untuk pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan pada orang yang membutuhkan termasuk kaum dhuafa. 

Kaltim Berzakat juga dihadiri jajaran Forkopimda Kaltim, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Waka Polresta Samarinda, para asisten, kepala biro dan pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim, PT PLN, pimpinan perbankan, BUMD/BUMN/BUMS, tokoh agama KH Hamri Has dan jajaran Baznas Kaltim. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria