Kemenag Kaltim Gelar Sholat Gaib dan Doa Bersama Untuk Awak KRI Nanggala 402

Selasa, 27 April 2021 | 13:35       Dibaca 178 kali


Samarinda (Humas Kanwil) - Kakanwil Kemenag Kaltim H. Masrawan beserta jajaran melaksanakan Shalat Gaib dan doa bersama usai Sholat Zhuhur di Musholla Kantor Wilayah, Selasa (27/4).

Selaku Imam, H. Masrawan menjelaskan bahwa ini adalah bentuk kepedulian dan keprihatinan atas tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 beserta 53 awak kapal di perairan utara Pulau Bali dan mendoakan tim SAR dan TNI dalam melakukan upaya evakuasi kapal selam dan korban.

Hal tersebut sesuai himbauan Menteri Agama H. Yaqut Qolil Qoumas yang menginginkan seluruh umat beragama menggelar Sholat Gaib dan Doa Bersama untuk lima puluh tiga patriot bangsa yang gugur menjalankan tugas negaranya hingga akhir hayat.

Usai doa bersama, Kakanwil menyampaikan himbauan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama di Provinsi Kalimatan Timur beserta seluruh umat beragama untuk melaksanakan Sholat Gaib dan Doa bersama sebagai bentuk kepedulian dan bela sungkawa atas musibah yang telah terjadi.

"Saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang menjalankan tugas negara, pada Ahad, 13 Ramadhan 1442 H atau bertepatan dengan 25 April 2021. Semoga arwah mereka diterima di sisi Allah SWT, ditempatkan di tempat yang indah dan damai, diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal salehnya. Dan kepada keluarga yang ditinggal, semoga diberi ketabahan dan kesabaran, semuanya adalah musibah dari Allah SWT", ucap Kakanwil.

Diketahui bersama, Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan subsunk alias tenggelam oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).  

Penulis: Ahmad Zaky