Memupuk Semangat di Hari Pendidikan Nasional Pada Masa Covid-19

Minggu, 02 Mei 2021 | 05:09       Dibaca 908 kali

hari pendidikan nasional 2021

Tenggarong- (Madrasah) Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Minggu, 2 Mei 2021 ini merupakan hari yang istimewa bagi umat islam karena kita semua dalam kondisi pandemi covid-19 dan hikmat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Penetapan Hari pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889, dan disebut sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

Kita semua masih ingat betul semboyan beliau yaitu Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri Handayani yang artinya guru di depan memberikan contoh atau sebagai panutan, di tengah membangun kemauan atau niat, dan di belakang memberikan dorongan atau semangat.

Ki Hajar Dewantara telah berjuang untuk memberikan kita semua akses terhadap dunia pendidikan, kini saatnya kita berperan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Apalagi kegiatan belajar-mengajar telah berubah selama setahun terakhir, yakni tidak tatap muka akan tetapi online

Walaupun pandemi Covid-19 membatasi aktivitas kita akan tetapi kegiatan belajar dan mengajar tetap dapat dilakukan secara virtual sehingga pendidikan tetap terus bisa berjalan, itu juga tak luput dari peran siswa, orang tua, guru yang telah berperan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju kenormalan baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Karena pandemi ini banyak musibah telah terjadi, baik dari sisi kesehatan, ekonomi, hingga psiko-sosial anak. Untuk itu kita semua harus bangkit dari situasi yang tidak nyaman ini menjadi terbiasa dan nyaman untuk kita semua. Semoga dunia pendidikan kita dimasa mendatang bisa lebih maju dan tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain. (rna)

Kontributor: Rina Asrini

Editor : Ruhainah