CPNS MTsN 1 Paser Giat Ikuti Tahapan Program Induksi

Senin, 03 Mei 2021 | 10:43       Dibaca 1742 kali

Jusmawati, S. Sn giat laksanakan tahapan program induksi dengan bimbingan membaca Alqur’an dengan benar bersama Pembina induksi Muhammad Kholiq , S. A

Paser (madrasah) – Bertempat diruangan Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Paser, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020 Jusmawati, S. Sn giat laksanakan tahapan program induksi dengan bimbingan membaca Alqur’an dengan benar bersama Pembina induksi Muhammad Kholiq , S. Ag, Senin (03/05).

Program Induksi Guru Pemula adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan dan praktik pemecahan  berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran bagi guru pemula pada  satuan pendidikan di tempat tugasnya.

Pembina induksi Muhammad Kholiq , S. Ag mengatakan Tujuan dilaksanakannya Program Induksi bagi Guru Pemula ini adalah Membimbing guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah dan Membantu guru pemula agar mampu melaksanakan pekerjaanmya sebagai guru profesional di sekolah/madrasah.

“Dengan demikian program induksi bagi guru pemula merupakan proses orientasi kegiatan proses pembelajaran dalam konteks satuan pendidikan tertentu, dan menjadi pembelajaran keprofesionalan di tempat kerja selama tahun pertama mengajar dan merupakan tahap awal dalam Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) seorang guru” jelasnya.

Lanjutnya beliau menambahkan, kegiatan ini menjadi tolak ukur penigkatkan kemampuan, keahlian, keterampilan dan juga mengetahui guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah.

Sementara itu Jusmawati, S. Sn menyampaikan “rasa syukur nya dapat melaksanakan program induksi dengan baik dan di bimbing oleh guru senior yang selalu memberikan arahan dan bekal ilmu yang bermanfaat” tutupnya.

Program Induksi ini dirancang secara sistematis dan terencana berdasarkan konsep kerjasama dan kesejawatan antara guru pemula, guru pembimbing, kepala sekolah/madrasah, dan pengawas  sekolah/madrasah dengan pendekatan pembelajaran profesional. (Akh)

Kontributor : Akh 

Editor : Ruhainah