Bontang Berzakat, Kakankemenag Serahkan Zakat Pegawai

Selasa, 04 Mei 2021 | 10:53       Dibaca 64 kali

Penyerahan zakat pegawai dari Kakankemenag kepada Ketua Baznas Bontang

Bontang (Humas) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bontang kembali menggelar kegiatan rutin di Bulan Ramadhan yang bertajuk Bontang Berzakat, Senin (03/05) kemarin di Pendopo Rumah Jabatan Walikota Bontang Jalan Awang Long. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bontang H Muhammad Isnaini didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha H Ali Mustofa.

Ketua Baznas Bontang H Kuba Siga melaporkan kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun sebagai pengingat kepada kita semua termasuk pemerintah agar senantiasa taat didalam membayar zakat. Hingga saat ini berkat dukungan dari Pemerintah Daerah, Baznas Bontang bisa mencapai angka 5,7 milyar dalam setahun.

"Zakat di Kota Bontang memiliki potensi yang banyak jika digali lebih dalam. Untuk itu diharapkan kepada Pemkot senantiasa mendukung Baznas menggali potensi zakat yang ada di Kota Bontang untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima. Pada kesempatan ini kami juga ingin Launching Aplikasi Layanan Zakat Online yang bisa digunakan melalui hp android. Harapannya kedepan semua pelaporan zakat sudah bisa melalui digitalisasi. Yang sistem manual, perlahan kami coba kurangi namun tidak kami hilangkan," ujarnya.

Sementara itu Walikota Bontang Basri Rase dalam sambutannya mengharapkan kepada Baznas bisa mengelola zakat secara terbuka dan transparan serta disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar berhak menerima. Dirinya menambahkan Pemkot akan selalu mendukung program-program Baznas dalam menyalurkan zakat kepada masyarakat serta menggali potensi yang ada di Kota Taman.

"Hingga saat ini yang baru bisa digali hanya 2 persen dari potensi yang ada. Mudah-mudahan kedepan angka tersebut bisa lebih meningkat dan bisa dipergunakan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan. Terima kasih kepada Baznas yang sudah meluncurkan Aplikasi Layanan Zakat online untuk membantu dan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran zakat," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis pemberian santunan kepada 1.549 mustahik yang ada di Kota Bontang. Dalam kesempatan tersebut H Muhammad Isnaini juga menyerahkan zakat Pegawai Kankemenag Kota Bontang dengan total 6 juta rupiah kepada Baznas Bontang. (sch)

Kontributor : Humas Kankemenag Bontang
Editor : Windy Adi Rumawan