Haji 1442 H/ 2021 M: Kemenag Paser Tetap Tunggu Keputusan Pemerintah

Selasa, 04 Mei 2021 | 12:26       Dibaca 55 kali

Kasi PHU Kankemenag Paser (H. Abdurrahman, S. Sos) tanggapi informasi Penyelenggaraan Ibadah Haji terbaru

Paser (Humas) – Kementerian Agama RI terus berupaya untuk dapat menyelenggarakan ibadah haji Tahun 1442 H / 2021 M. Meskipun hingga saat ini, belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

Kasi PHU Kantor Kemenag Paser H. Abdurrahman, S. Sos, menerangkan bahwa sampai saat ini Pemerintah RI melalui Kantor Kementerian Agama belum juga mendapat kepastian pembagian kuota secara nasional dan keberangkatan Haji. Namun demikian Kasi PHU berharap pada jemaah haji agar dapat bersabar menanti kemungkinan informasi terkait ada atau tidaknya izin keberangkatan pada tahun ini.

“Memang sampai saat ini belum ada kepastian resmi yang dikeluarkan Pemerintah RI terkait dengan pembagian kuota dan penyelenggaraan ibadah haji. Karena itu, kami berharap para jemaah haji yang dijadwalkan berangkat pada tahun ini agar dapat bersabar dan lebih bijaksana karena hingga kini Pemerintah Arab Saudi masih belum memutuskan ada atau tidaknya penyelenggaraan Haji tahun 2021,” tutur H. Abdurrahman ketika dimintai keterangan di ruang kerjanya, pada Senin (04/05).

Kementerian Agama RI melalui Dirjen PHU pada dasarnya telah mengeluarkan rencana alur pergerakan jemaah jika dilakukan pemberangkatan haji tahun 1442 H/ 2021 M, beberapa waktu yang lalu. Dalam alur tersebut dapat dilihat adanya pembatasan beberapa rangkaian ibadah haji dengan mengedepankan protokol kesehatan selama masa pandemi.

Selain itu, dalam rangka persiapan Kasi PHU Kantor Kemenag Paser juga mengikuti Bahsul Masa’il Perhajian (Manasik Haji dimasa pandemi) melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Dirjen PHU Kementerian Agama RI. Kegiatan tersebut juga melibatkan Ahli Fiqih dan Syari’iyah, Ahli Kesehatan, Perwakilan Ormas Islam (NU, Muhammadiyah, Peris, Alwasliyah), perwakilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU), Akademisi, Asosiasi Haji termasuk Forum Dekan Fakultas Dakwah UIN/IAIN se-Indonesia.

Pembahasan menitikberatkan pada Panduan Manasik Haji dengan pertimbangan fiqih, syar’iyah dan kesehatan yang lengkap untuk melaksanakan ibadah haji dimasa pandemi. Adapun materi yang dibahas yakni, alur penyelenggaraan ibadah haji dimasa pandemi, protokol kesehatan dan penanganan jemaah terpapar covid-19, kelonggaran hukum manasik haji dan umroh dan istithaah haji dimasa pandemi. (bas)

Kontributor : Humas Kankemenag Paser
Editor : Windy Adi Rumawan