Penutupan Karantina Tahfidz MAN IC Paser 2021

Selasa, 04 Mei 2021 | 21:38       Dibaca 45 kali

Kultum dan pembacaan doa dalam acara penutupan karantina tahfidz MAN IC Paser 2021

Paser (Madrasah) – Karantina tahfizh Al Qur’an MAN IC Paser yang berlangsung dari 10 April- 05 Mei 2021 ini, resmi ditutup Selasa (04/05), bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN IC Paser. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan tersebut berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti rapid test antigen, menggunakan masker, serta mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Tahun ini kegiatan karantina tahfizh diadakan kembali untuk melanjutkan pesan Bapak Khoirul Anam, M.Pd.I. Kegiatan ini merupakan ide beliau sehingga MAN IC Paser dapat mencetak beberapa muhafiz dan muhafizah. Kegiatan tahfizh ini dilaksanakan dengan dua sistem yakni offline dan online. Untuk yang offline, peserta kegiatan ini diikuti oleh kelas sepuluh dan sebelas secara bergantian,” jelas Arbain, S.Pd.I., selaku ketua panitia melaporkan kegiatan karantina tahfizh.

“Semoga ilmu yang ditransfer para mentor tahfizh ke Ananda-Ananda kami ini, dapat bermanfaat, barokah, dan dapat dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Mohon maaf apabila ada kesalahan tutur kata selama kegiatan ini, dan terima kasih pada seluruh pihak yang terlibat dalam karantina tahfizh,” tutup Arbain.

Dalam kesempatan tersebut, Inggar Perdynata Kusvianti, S.HI., sebagai salah satu guru PAI juga menyampaikan kesannya,“Karantina tahfidz merupakan salah satu program unggulan MAN IC Paser yang mana salah satu syarat kelulusan adalah minimal hafal 3 juz. Alhamdulillah peserta karantina tahfidz tahun ini banyak yang sudah melampaui target.”

Melengkapi acara penutupan, dengan mengenakan busana gamis putih para santri karantina tahfizh menampilkan “Sambung ayat Al Qur’an” yang berlangsung dengan khidmat.

Tak selang berapa lama, Susmini, M.Pd.I., menutup karantina tahfiz dengan sepatah dua kata.

“Tiada kata yang dapat terucap pada kesempatan kali ini, selain syukur Alhamdulillah atas segala nikmat dari Allah Yang Maha Kuasa. Keutamaan dari anak-anak kita yang membaca Al Qur’an adalah Allah akan memberikan pakaian kemuliaan dan mahkota kemuliaan kepada orang tua. Inilah hasil dari 12 hari belajar dan menghafal Al Qur’an serta mengamalkannya. Semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapat ridho Allah. Akhir kata, mohon maaf lahir batin dari kami. Dengan mengucap Hamdalah, karantina tahfizh tahun 2021 MAN IC Paser resmi ditutup,” ucap Susmini.

Kegiatan terakhir yakni penyerahan piagam penghargaan peserta karantina tahfizh satu bulan. Kultum menjelang berbuka puasa serta pembacaan doa oleh Ustadz H. Nasrudin Atha, Lc. M.Pd.I., turut mengakhiri agenda acara penutupan tersebut. (Ratih)

Kontributor : Ratih

Editor : Ruhainah