Kakan Kemenag Paser Menjadi Narasumber FGD Polres Paser

Senin, 10 Mei 2021 | 21:12       Dibaca 70 kali

Kepala Kantor Kemenag Paser (Drs. H. Abdul Khaliq, M. Pd) menjadi Narasumber pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Polres Paser

Paser (Humas) – Dalam rangka Implementasi mengenai Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 13/2021 Tentang Pembatasan Giat Bepergian Keluar Daerah atau Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Polres Paser mengundang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser untuk hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Jum’at (7/5) sore.

Kegiatan yang bertempat di Rupatama Polres Paser ini dimulai pada pukul 16.30 Wita dengan menghadirkan berbagai Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda di wilayah Kabupaten Paser.

Dalam prosesnya, Kakan Kemenag Paser Drs. H. Abdul Khaliq, M. Pd, menjadi narasumber bersama Kepala Dinas Kesehatan Amir Faisol, M. Kes, dengan membahasa panduan Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Laporan Perkembangan Kasus Covid-19 di Kabupaten Paser. Kegiatan yang berlangsung menjelang waktu berbuka puasa tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Paser AKBP Eko Susanto.

“Terima kasih atas kedatangan saudara-saudara sekalian. Hari ini agenda kita adalah Focus Group Discussion (FGD) dengan mendengarkan beberapa pendapat terkait dengan Surat Edaran Kasatgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Pelarangan Mudik dan Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” ucap Kapolres Paser saat membuka kegiatan.

Setelah mendengarkan arahan-arahan yang disampaikan Kapolres Paser melalui sambutannya, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Dinas Kesehatan mengenai kondisi terkini kasus Covid-19 dan penanganannya. Selain itu Kadinkes juga menyampaikan hasil pemetaan kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Paser.

Melalui hasil pemetaan yang dilakukan Dinkes pertanggal 7 Mei 2021, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Paser menunjukkan hasil penurunan dengan total hanya 45 Pasien Covid-19 aktif yang tersisa. Terdapat 5 Kecamatan dari total 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Paser, berada dalam Zona Hijau (bebas Covid-19), sehingga apabila diakumulasikan maka Kabupaten Paser saat ini berada dalam Zona Kuning.

Sementara itu, Kakan Kemanag Paser yang juga menjadi narasumber melaporkan arahan berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan Menteri Agama terkait pelaksanaan Idul Fitri 1442 H yang hanya diperbolehkan terlaksana secara berjamaah pada wilayah yang berada dalam Zona Hijau dan Zona Kuning.

“Kami Laporkan berdasarkan Surat Edaran No. 07 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 H Pada Saat Pandemi Covid. Yang mana salah satu isinya mensyaratkan penyelenggaraan hanya dapat dilakukan di lapangan, masjid ataupun mushalla apabila wilayah berada dalam Zona Hijau atau Zona Kuning,” ungkap H. Abdul Khaliq.

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan, bahwa meskipun saat ini Kabupaten Paser berdasarkan pembangian wilayah antar Kecamatan berada dalam Zona Kuning. Namun pihaknya terus melakukan koordinasi baik dengan Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama dan lain sebagainya, untuk tetap mensosialisasikan penerapan standar Protokol Kesehatan di seluruh tempat ibadah yang dilakukan secara berjamaah.

Penerapan protokol kesehatan ini juga merupakan arahan berdasarkan keputusan Pemerintah RI dalam mencegah penularan dan penyebaran kasus Covid-19 sebagaimana terjadi dibeberapa wilayah bahkan negara-negara yang saat ini meningkat kasus aktif Covid-19. (bas)

Kontributor : Bas 

Editor : Ruhainah