Kemenag Kembali Sosialisasikan SE No. 7 & 8 Menag RI Di Rakor Bankesbangpol

Selasa, 11 Mei 2021 | 08:20       Dibaca 37 kali

Kakankemenag Kubar ( kiri) saat memberikan arahan terkait SE-No. 7 dan 8 Menag RI/ 2021 pada seluruh peserta rapat yang hadir, (10/5)

Kutai Barat(Humas)- Tahun ini umat muslim bisa melaksanakan ibadah sunah sholat Idhul Fitri di masjid maupun mushola. Berbeda pada tahun sebelumnya pemerintah menghimbau melaksanakannya di rumah masing-masing. Sebagai acuan penyelenggaraan ibadah pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran Nomor 7 tahun 2021 yang wajib di pahami masyarakat muslim dalam melaksanakan sholat Id.

Agar surat edaran tersebut dapat dialaksanakan dengan sebaik-baiknya, Senin, (10/5) Badan kesatuan kebangsaan dan Politik menggelar pertemuan di Sekretariat pemerintah kabupaten  Kutai Barat untuk menyamakan persepsi diatara ormas keagamaan terkait pelaksanaan sholat Idhul Fitri. Tidak hanya ormas Islam, gelar ibadah yang bertepatan dengan perayaan kenaikan Isa Al masih bagi umat Nasrani, Kesbangpol juga mengundang sejumlah ormas nasrani.

Dua ormas ini dimintai pendapat apakah gelar ibadah di hari yang sama 13 Mei 2021 dapat dilaksanakan dengan aman. Bersyukur di wilayah Kubar dua tempat ibadah berbeda keyakinan ini letaknya sedikit sekali yang berdekatan. Oleh karena itu ibadah hari raya kedua agama ini di rasa dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

Kepala kantor Kementerian Agama kabupaten Kutai Barat H. Muhammad Izzat Solihin, S.Ag., M.Pd berharap SE. nomor 7  dan 8 Menag RI/2021 dapat di patuhi dua umat beragama ini dengan  sebaik-baiknya. Berhubung pelaksanaan ibadah masih dalam wabah pandemi Covid 19, beliau sarankan pengkotbah mempersingkat ceramahnya.

Sementara itu kepala BPBD kabupaten Kutai Barat Henderman Supanji dalam kesempatan ini menyatakan, jajarannya akan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat ibadah jelang perayaan ibadah hari raya, tentu kabar baik ini di sambut seluruh ormas keagamaan yang hadir.

Gelar rapat di ruang Diklat kantor bupati Kubar tersebut di pimpin oleh Plt. Asisten I  Faustinus Syaidirahman, S.Sos., M.M di dampingi kepala badan Kesbangpol Suwito. Sementara peserta undangan meliputi MUI, NU dam Muhammadiyah untuk Ormas Islam, sedangkan dari Ormas nasrani meliputi Bamag, Kevikepan Santo Thomas Aquinas.  Hadir juga dalam pertemuan ini FKUB kabupaten Kutai Barat. (ed)

Kontributor : Ed 

Editor : Ruhainah