Khataman Al Qur’an dan Doa Bersama

Selasa, 11 Mei 2021 | 11:01       Dibaca 122 kali

Kegiatan Khataman Al Qur’an dan Doa Bersama di MTs N 1 Balikpapan

Balikpapan - (Madrasah), Sebagai agenda untuk mengakhiri kegiatan proses pembelajaran jarak jauh di bulan Ramadhan ini, MTs N 1 Balikpapan menggelar acara kegiatan Khataman Al Qur’an dan doa bersama. Sabtu siang tanggal 8 Mei 2021 jam 11.00 WITA di masjid Ar Rahman MTs N 1 Baikpapan acara tersebut diselenggarakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Acara di buka oleh MC ustad Muhammad Luthfi yang terkenal akan gurauannya yang membuat suasana di siang hari semakin hidup. Acara di lanjutkan dengan sambutan dari Ibu Kepala Madrasah Roihanun, BA, S.Pd. Beliau mengingatkan pentingnya rasa persatuan diantara seluruh warga madrasah. Ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan ASN yang telah berpartisipasi dalam mengumpulkan sumbangan dana ke Kemenag Kota Balikpapan. Sumbangan tersebut di fokuskan dengan tujuan memberian bantuan sosial kepada semua pegawai yang telah purna tugas. dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama. Ucapan terima kasih pula  beliau sampaikan pada rekan-rekan guru  dan tenaga kependidikan ASN yang telah dengan ikhlas memberikan sebagian rezekinya  untuk sedikit membantu rekan-rekan guru dan tenaga kependidikan non ASN. Terakhir kali Ibu Kepala Madrasah berpesan untuk selalu mengeratkan tali ukhuwah islamiah diantara sesama warga madrasah karena semuanya merupakan satu ikatan yakni keluarga besar MTs N 1 Balikpapan.

Acara berikutnya tausiyah oleh ustadz Syamsul Bakhri, yang memang terkenal kocak dalam memberikan uraian pencerahannya. Beliau berpesan, “ bahwa saat ini kita memasuki fase ketiga di bulan Ramadhan, yaitu fase pembebasan dari api neraka “. Tali silaturahmi yang terputus dapat dijalin kembali dengan jalan saling memaafkan. Menurut beliau, “ ada 3 ciri calon penghuni surga, pertama orang yang mau menafkahkan hartanya di jalan Allah meskipun dalam keadan susah, kedua orang yang mampu menahan amarahnya, dan yang terakhir orang yang selalu mau memaafkan orang lain yang berbuat salah.

Acara dilanjutkan dengan shalat Dzuhur berjamaah yang diikuti seluruh undangan dan juga perwakilan dari siswa OSIS,  bertugas sebagai imam shalat adalah ustadz Hasiruddin.  Acara berikut yang sangat ditunggu-tunggu adalah Khataman Al Qur’an. Seluruh guru-guru PAI berjajar di depan, mereka secara bergantian membacakan surah-surah pendek yang ada di juz 30 dengan suara merdu. Doa khataman dan doa arwah jamak di sampailan oleh ustadz Hasiruddin menutup acara rampungnya kegiatan khataman.

Ternyata ustad Luhfi selaku MC masih melanjutkan acara dan dengan kocaknya  dengan membacakan acara terakhir berupa pembagian paket sembako sebagai bentuk bantuan sosial hari amal bakti Kemenag. Sebanyak 23 pegawai termasuk guru dan tenaga kependidikan non ASN menerima sembako yang diserahkan oleh ibu kepala, wakil kepala madrasah dan kepala Tata usaha. Tak lupa pula bantuan tali asih untuk menghadapi Idul Fitri diberikan kepada 13 orang guru dan tenaga kependidikan non ASN. “ Semoga dapat sedikit membantu dimana jangan dilihat dari besarnya, tapi rasa persatuan membantu sesama, “ demikian disampaikan Ibu Kepala Madrasah.

Penulis : Sri Rejeki

Editor : Ruhainah