Hilal Tak Terlihat di Samarinda, 1 Syawal Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Selasa, 11 Mei 2021 | 19:20       Dibaca 178 kali


Samarinda (Humas-Kemenag) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim dan Kemenag Kota Samarinda beserta unsur IAIN, PTA, PA, MUI, NU dan Muhammadiyah Provinsi dan Kota Samarinda melaksanakan Pengamatan atau pemantauan Bulan Baru atau Rukyatul Hilal pada Selasa (11/05) sore untuk menentukan 1 Syawal 1442 Hijriah di Menara Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarimda.

Hasilnya, dalam pemantauan bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Samarinda diperkirakan bahwa 1 Syawal akan jatuh pada Kamis (13/5/2021). "Karena kondisi bulan masih di bawah Ufuk. Hilal masih minus 5 derajat jadi puasa di istikmal/genapkan jadi 30 hari," kata Kabag TU Kemenag Kaltim, Mokhlis Hasan yang mewakili Kepala Kanwil Kemenag Kaltim sekaligus PLT. Kepala Kemenag Kota Samarinda.

Kendati begitu, kepastian Hari Raya Idulfitri tahun ini masih harus menunggu Sidang Isbat yang dilakukan Kemenag Pusat di Jakarta. Sementara itu Kepala BMKG Samarinda, Riza Arianur menjelaskan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan timnya, kondisi hilal belum terlihat di Samarinda pada Selasa sore.

Ia pun memutuskan informasi yang beredar soal tinggi hilal yang sempat disebut-sebut mencapai 5 derajat. "Itu data sementara kami. Tapi kan melihat hilal harus saat matahari terbenam. Nah ini hilal belum terlihat," tutup Riza. (Han)

Kontributor : Humas Kankemenag Samarinda
Editor : Windy Adi Rumawan