Memakai Baju Adat, Civitas MTsN 1 Paser Laksanakan Upacara Hari lahir Pancasila

Selasa, 01 Juni 2021 | 14:33       Dibaca 1189 kali

Kepala Madrasah Terlihat Memakai Baju Adat Banjar, dan Beberapa Pendidik Lainnya Memakai Baju adat Nusantara

Paser (Madrasah) - Berdasarkan surat edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila  (BPIP) Nomor 2 Tahun 2021, Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Paser   laksanakan uapacara peringtan hari lahir pancasila yang bertepatan pada hari Selasa 1 Juni 2021 yang di gelar secara virtual  di aula MTsN 1 Paser . Konsep upacara kali ini tetap mempertimbangkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Acara peringatan dipusatkan di Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat disiarkan secara langsung pukul 07.45 WIB dan akan berakhir 08.33.  WIB secara virtual. Selain presiden  Joko Widodo , hadir pula dalam peringatan  secara virtual ini, wakil Presiden Mar’ruf Amin, ketua dewan pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Megawati Soekarno putri, Ketua DPR Puan Maharani, Ketus MPR Bambang Soestyo dan para menteri pada  lokasi yang berbeda.

Kepala Negara, Ir. Joko Widodo  di daulat sebagai inspektur upacara, Kemudian MPR Bambang Soesatyo akan membacakan teks pancasila dalam upacara Hari Lahir Pancasila tersebut dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 yang dilakukan Ketua DPR Puan Maharani

Dalam pidatonya, Presiden Joko widodo  mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia,  dan seluruh  rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkanIndonesia maju yang kita cita-citakan .

Di akhir pidatonya Presiden Joko Widodo mengucapkan, “selamat memperingati hari lahir pancasila. Selamat membumikan pancasila dalam kehidupan bermasyrakat, berbangsa, dan bernegara,” tutupnya.

Sementara itu di Aula MTsN 1 Paser terlihat seluruh pendidik dan tenaga pendidik memakai pakaian adat nusantara dalam keikutsertaanya upacara hari lahir Pancasila.

Kepala madrasah Ridayatullah, S. Pd membenarkan hal tersebut, beliau mengatakan dalam pelaksanaan ini kami mengikuti arahan undangan atau surat edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 2 Tahun 2021.

“Pada upacara ini kami memakai pakaian adat nusantara, saya memakai pakaian adat banjar dengan memakai baju sasirangan di tambah saung ciri khas budaya banjar, dan ada teman-teman yang memakai pakaian adat Kabupaten Paser, Pakaian adat Bugis, Melayu, Batak, Jawa dan lainnya.” Ucapnya.

Adapun peringatan hari lahir pancasila tahun ini mengambil tema Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh. (Rnh/Akh)

Kontributor: Humas MTsN 1 Paser
Editor: Maharani Ramadhanty Fitria