Wagub Buka Pelaksanaan MTQ Ke-42 Tingkat Kaltim di Kota Bontang

Minggu, 06 Juni 2021 | 07:12       Dibaca 56 kali

Sambutan Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan di Pembukaan MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Kaltim

Bontang (Humas Kanwil) – Walau masih dalam situasi pandemi Covid-19, pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur resmi dibuka, Sabtu malam (5/6) di Stadion Bessai Berinta (Lang-lang) Kota Bontang.

Dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Wali Kota Bontang Basri Rase beserta jajaran Forkopimda Kota Bontang, Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan, sejumlah kepala daerah se-Kaltim, Ketua LPTQ Provinsi Kaltim sekaligus Sekdaprov Kaltim Muhammad Sa’bani, Ketua MUI Kaltim Muhammad Rasyid, serta tamu kehormatan lainnya.

Dalam laporan Wali Kota Bontang sekaligus Ketua pelaksana MTQ ke-42 menyampaikan, bahwa MTQ ini akan dilaksanakan selama 7 hari (3-9 Juni) dengan partisipan 200 orang dewan hakim dan tim kerja provinsi, dan sebanyak 720 orang kafilah kabupaten/kota di Kaltim.

Pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan juga mengatakan dalam sambutannya, bahwa semangat menegakkan nilai-nilai Al-Qur’an dan MTQ sebagai syiar Islam tidak hanya kegiatan seremonial belaka, namun mampu menjadi pijakan yang kuat di dalam membangun hubungan yang harmonis di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“MTQ ini lah yang menjadi salah satu media untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan penguatan persaudaraan bagi umat Islam,” tutur Kakanwil.

Masrawan juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya MTQ Ke-42 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 di Kota Bontang. “Kami mengucapkan terima kasih khususnya kepada Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Timur, pemerintah daerah dan masyarakat kota Bontang, atas segala dukungan dan kontribusi yang maksimal bagi terselanggaranya MTQ ini,” ucap Masrawan.

Wakil Gubernur Hadi Mulyadi juga berpesan kepada Kafilah untuk berlomba dengan sportif dan tingkatkan kualitas bacaan Qur’an. “Saya ingin mengingatkan kepada rekan-rekan yang akan berlomba.  Berlombalah dengan sportif dan tingkatkan kualitas bacaan Qur’annya, InshaAllah di MTQ Kalimantan Selatan 2022, kita berharap Kalimantan Timur bisa meraih prestasi lebih baik.” Pesan Hadi dalam amanatnya.

MTQ dinyatakan dimulai setelah Wakil Gubernur Kaltim menyatakan event ini secara resmi dibuka. Selanjutnya, secara simbolik Wakil Gubernur bersama Walikota Bontang beserta jajarannya dan Kakanwil Kemenag Kaltim bersama-sama menekan sirene tanda dimulainya MTQ. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria
Editor: -