Kakanwil Harap MTQ Lebih Dari Sekedar Kompetisi

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:40       Dibaca 195 kali


Samarinda (Humas Kanwil) – Usai sudah perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 42 Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Gedung MTQ, Kompleks Stadion Bessai Berinta Kota Bontang.Gubernur Kalimantan Timur, H. Isran Noor menutup secara resmi perhelatan tersebut tadi malam (09/06) dengan meriah.

“Dengan mengucapkan Bismillah, pagelaran MTQ ke-42 tingkat Provinsi Kaltim resmi saya tutup,” sebutnya.

Sebelumnya Wakil Koordinator Dewan Hakim, Sidiq Amrillah mengumumkan jika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali keluar sebagai juara umum dengan perolehan nilai 83. Torehan nilai mengungguli tuan rumah Kota Bontang yang berada di peringkat kedua dengan nilai 74 dan Kota Samarinda di peringkat ketiga dengan nilai 70.

“Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menyabet juara umum MTQ tingkat Kaltim dengan nilai 83. Ini keempat kalinya Kukar menjadi juara umum,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, H. Masrawan menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kota Bontang yang turut mennyukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Timur  tahun ini.

Menurut Kakanwil, keberhasilan MTQ tidak hanya dilihat dari lancarnya proses penyelenggaraan atau jumlah qari-qari’ah dan para hafidz Qur’an berprestasi yang dihasilkan. ”MTQ yang sukses adalah yang memberi dampak terhadap proses penyadaran kolektif dari segala lapisan masyarakat dan pemerintah terhadap implementasi ajaran Islam dalam realitas kehidupan dan terbentuknya perilaku akhlakul karimah yang mencerminkan pemahaman agama yang baik dan benar,” sambungnya.

Lanjut dia, umat Islam memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk mengawal moral bangsa di era globalisasi seperti saat ini. ”Di tengah arus pergeseran nilai, norma dan perilaku masyarakat yang kini kita rasakan di semua sisi kehidupan, maka nilai-nilai Islami dan spirit Qur’ani haruslah kita pegang teguh sebagai rujukan utama, baik di lingkungan keluarga, di lingkungan sosial, maupun dalam tataran kehidupan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara penutupan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bontang, Bupati dan Walikota se Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Timur, perwakilan Kafilah  Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Timur beserta undangan lainnya.

Sebagai informasi, MTQ ke 42 ini diselenggarakan sejak tanggal 3 sampai 8 Juni 2021. Dengan total peserta 720 kafilah dari seluruh sembilan Kabupaten/Kota se Provinsi Kaltim. Diketahui, perhelatan MTQ ke-43 tahun 2022 akan digelar di Kota Samarinda. (win)