MAN Paser Fasilitasi Sosialisasi dan Evaluasi ANBK Se Kabupaten Paser

Kamis, 10 Juni 2021 | 12:16       Dibaca 17 kali

Pertemuan virtual operator emis se Kabupaten Paser

Paser (Madrasah) – Madrasah Aliyah Negeri Paser mengikuti Sosialisasi dan Evaluasi Asesmen Nasional serta Pendataan Asessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahap III secara Virtual (Zoom Meeting). bertempat diruang pembinaan KSM. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Operator Emis pada Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang ada di wilayah Kabupaten Paser, Kamis (10/06).

Dalam kesempatan ini Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Abdul Syahid, S.Ag., M.Pd. menyampaikan “Assemen ini baru pertama kali dilaksanakan oleh pemerintah baik kemendikbud maupun kementrerian agama, didalam asesmen ini ada dua program yang masing-masing saling melengkapi yaitu assessment yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang disebut dengan AKM (Asesmen kompetensi minimum) kemudian asesmen yang diadakan oleh Kementerian Agama yang disebut denga AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) yang sekarang berubah menjadi AKMI (Assessment Kompetensi Madrasah Indonesia)”.

“Syahid menambahkan Program ini akan dilaksanakan di bulan September namun dalam pelaksanaanya tersebut kita harus mempersiapkan sedemikian rupa agar nantinya dalam pelaksanaan kita tidak menghadapi banyak kendala. Ungkapnya.

Salah satu point yang paling penting dalam asesmen ini adalah terkait dengan pendataan.  Pendataan ini sangat urgent sekali apabila data yang kita lakukan itu tidak sesuai dengan apa yang ditentukan maka nantinya akan mempengaruhi kegiatan assessment tersebut. “Ujarnya

Sementara itu kepala Madrasah Aliyah Negeri Paser Abd. Gafur Yusuf, M.Pd menyampaikan harapannya agar kegiatan ini diikuti dengan baik dan serius agar nantinya pada saat pelaksanaan tidak mengalami kendala yang berarti, imbuhnya. (db)

Kontributor: Humas MAN Paser 

Editor : Ruhainah