Bimtek EMIS Tiga Kabupaten/Kota di Kemenag Kab. PPU

Kamis, 10 Juni 2021 | 14:31       Dibaca 50 kali


Penajam Paser Utara (Humas) - Kamis (10/06) Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kab.PPU mengadakan kegiatan Bimtek EMIS Pontren tahun 2021. Kegiatan tersebut melibatkan tiga Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur yaitu Kab. Penajam Paser Utara, Kab.Paser dan Kota Balikpapan yang pelaksanaannya di fokuskan di Kab. PPU tepatnya di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. PPU. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat masih banyaknya permaslahan tentang data EMIS, sekligus dalam rangka mengoptimalkan peran data EMIS setiap kabupaten/kota.

Kegiatan pagi tadi dihadiri sekitar 55 orang peserta yang merupakan operator EMIS dari Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah (MADIN) dan Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) dari tiga kabupaten/kota. Acara Bimtek EMIS dibuka oleh Kasi PAKIS H. Rofiqul Ihwan, beliau mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Kabid PAKIS Kanwil H. Abd. Hamid dan Operator EMIS Pontren Kanwil Ikhwan Saputra yang telah meluangkan waktunya untuk mengadakan kegiatan Bimtek ini.

Dalam sambutannya, Kasi Pakis mengatakan bahwa, peran dan fungsi data EMIS pontren dalam konteks pengambilan kebijakan Kementerian Agama sangat penting. Oleh karenanya, selain harus valid dan akurat, data EMIS mesti diupdate sesuai dengan dinamika lembaga Pontren, Madin dan TPPQ. 

“Hingga saat ini, entri data EMIS Pontren belum optimal, bahkan belum mencapai angka 50%. Tentu kami menyadari adanya berbagai kendala, mungkin salah satunya kemampuan teknis untuk mengakses dan mengoperasikan aplikasi data EMIS yang belum sepenuhnya terkuasai dengan baik” ujarnya.

H.Abd. Hamid selaku Kabid PAKIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenag Kab. PPU yang telah bersedia menyiapkan tempat bagi terselenggaranya kegiatan Bimtek EMIS. Beliau berharap pengisian data EMIS yang terdiri dari data lembaga, data santri, data guru dan data sarana prasarana pada Pondok Pesantren, Madin dan LPQ Kabupaten/Kota dapat terselesaikan tepat pada waktunya yaitu tanggal 30 Juni 2021. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dimasa pandemi. (daas) 

Kontributor :  Daas 

Editor : Ruhainah