Siswa Kelas 7 dan 8 MTsN 1 Paser Laksanakan PAT Online 2021

Jumat, 11 Juni 2021 | 10:47       Dibaca 28 kali

Photo Siswi Melaksanakan PAT Online

Paser (madrasah) - Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilaksanakan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir tahun pelajaran. Di tengah pandemi Covid-19, sejumlah satuan pendidikan melaksanakan PAT dengan  secara daring atau online maupun luring. Berbeda dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Paser sudah 4 tahun terakhir melaksanakan penilaian dengan berbasis komputer dan dilaksanakan secara online.

Saat dihubungi di ruang proktor, Ketua panitia Fitreyani, S. Pd mengatakan sudah siap hari ini melaksanakan PAT , seluruh panitia, proktor, wali kelas dan siswa sudah selurunya siap untuk mengikuti PAT hari pertama ini.

“Pada hari ini, hari pertama kegiatan PAT yang di ikuti seluruh kelas VII dan kelas VIII. Dimana siswa melaksanakan secara online atau dirumah dan dipantau oleh guru di madrasah” ucapnya

Lanjutnya beliau menambahkan bahwa setiap pagi wali kelas 7 dan 8 memberikan absen kehadiran kepada siswa melalui WA mulai pukul 06.45 -07.15 WIB. Setiap wali kelas mengirim link soal dari panitia pukul 07.25 menit dan memberikan link soal ke siswa pukul 07.30 WIB. Bagi siswa yang tidak aktif atau tidak menginformasikan ke wali kelas atas kehadirannya di jam pertama dan kedua, maka wali kelas di jam kedua melakukan home visit bersama Guru BK (Bimbingan Konseling), untuk mengetahui masalah siswa di saat ulangan berlangsung.

Sementara itu kepala madrasah Ridayatullah, S. Pd berharap pelaksanaan PAT tahun ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala satu apapun. “Sehingga nilai hasil PAT ini dapat dijadikan rujukan oleh para guru untuk melihat, memetakan kualitas siswa siswi sehingga tahun berikutnya guru bisa menyiapkan serta menerapkan strategi pembelajaran yang lebih baik dan maksimal” harapnya.

Adapun pelaksanaan PAT Online ini dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 19 Juni 2021. (Akh) 

Kontributor : Akh 

Editor : Ruhainah