Bimtek Penguatan Mutu Madrasah Sebagai Upaya Madrasah dapat Berinovasi

Senin, 12 Juli 2021 | 14:41       Dibaca 45 kali


Samarinda (Humas Kanwil) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Masrawan beserta Kabag TU Kanwil Kemenag Kaltim Mohlis, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kaltim Hakimin, dan Plt Kankemenag Kota Samarinda Ahmad Ridani hadir dalam kegiatan peningkatan mutu madrasah, di aula MAN 1 Samarinda, Senin (12/7).

Masrawan mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki dua tujuan yang hendak dicapai. Pertama meningkatan mutu madrasah sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Kedua memberikan penguatan pada kepala madrasah agar sistem pendidikannya selaras dengan sistem pendidikan nasional.

Tenaga pendidik dan kependidikan harus melakukan revolusi pembelajaran guna menghasilkan siswa-siswi yang lebih berprestasi. “Untuk menjadi madrasah, harus kuat dalam lima hal yaitu kuat dalam agama, kuat dalam kebangsaan, kuat dalam kepandaian sains, kuat dalam kemasyarakatan, dan yang terakhir harus paham tentang perkembangan zaman, sehingga cepat dalam memperoleh informasi tentang IPTEK,” ujar Kakanwil.

Madrasah tidak hanya berkutat pada teori keislaman, tetapi telah mengintegrasikan ilmu keislaman, sains, dan teknologi. Sehingga program madrasah unggul merupakan ikhtiar Kementerian Agama dalam mewujudkan madrasah hebat, bermartabat dan go internasional.

“Saya berharap madrasah unggul mampu menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan melahirkan siswa yang memiliki daya saing serta mampu mengukir prestasi di level nasional maupun internasional,” harap Masrawan.

Kakanwil juga mengajak semua pihak untuk tetap bersemangat mewujudkan cita-cita madrasah, sehingga slogan madrasarah hebat, bermartabat dan go internasional dapat terwujud dan dilihat masyarakat.

"Kementerian Agama terus mendukung setiap program yang dicanangkan madrasah unggul. Kementerian Agama akan memfasilitasi untuk mendukung ini termasuk anggaran yang dialokasikan untuk madrasah unggul," tutur Kakanwil.

Masrawan pun meminta kepada kepala madrasah yang hadir dapat saling berbagi pengalaman dan masukan guna melahirkan program unggulan di madrasah. Sehingga harapan kita madrasah mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran, inovasi tata kelola, inovasi pengajaran madrasah.

“Harapan besar dari kita madrasah dapat berinovasi dan unggul, sehingga mampu melahirkan output mampu bersaing yang memiliki prestasi di tingkat provinsi, nasional dan internasional.” Tutupnya. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria
Editor: -