Tenaga Pendidik MAN Paser Ikuti Sosialisasi RDM

Sabtu, 17 Juli 2021 | 08:05       Dibaca 42 kali

Sosialisasi Penggunaan RDM di MAN Paser

Paser (Madrasah) – Seluruh tenaga pendidik MAN Paser mengikuti sosialisasi penggunaan aplikasi penilaian Raport Digital Madrasah (RDM) untuk siswa dan siswi MAN Paser, bertempat diruang guru, Sabtu (17/07).

RDM adalah sebuah aplikasi berbasis WEB yang memiliki resolusi High Definition (HD) yang dikembangkan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) dalam mengelola nilai hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Aplikasi RDM ini rencananya akan dijadikan sebagai pengganti dari Aplikasi Raport Digital (ARD) yang telah digunakan oleh satuan pendidikan madrasah dari tahun 2018 hingga 2020.

Di akhir pelaksanaan semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 kemaren, Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran tentang penggunaan ARD untuk satuan pendidikan madrasah baik jenjang MI, MTs maupun MA untuk sementara tidak diperkenankan mengelola nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi ARD terlebih dahulu.

Sebagai alternatifnya satuan pendidikan madrasah di perkenankan menggunakan Aplikasi Pengelolaan hasil nilai siswa secara manual terlebih dahulu, seperti pengelolaan nilai raport berbasis Microsoft Excel jenjang RA, MI, MTs dan MA. RDM versi 2021 ini memudahkan penggunanya dalam mengelola hasil nilai siswa baik melalui HP, Tablet mapun PC.

Wakil Kepala MAN Paser Bidang Kurikulum, Latif Mutohar, S.Pd.I mengatakan bahwa sosialisasi penggunaan RDM tersebut diikuti oleh seluruh guru MAN Paser dengan antusias kerena pada dasarnya pengelolaan nilai hasil belajar peserta didik melalui Aplikasi RDM hampir sama saja dengan Aplikasi ARD, jadinya agak mudah dipahami oleh dewan guru, ungkapnya.

RDM versi ini juga dibuat sangat kompatibel dan fleksibel dengan perangkat yang digunakan oleh masing-masing guru dalam mengelola nilai peserta didik selama belajar di satuan pendidikan madrasah. (d)

Kontributor: Humas MAN Paser 

Editor : Ruhainah