Jelang Salat Idul Adha, Kemenag Dampingi Wakil Bupati Tinjau Penerapan Prokes

Senin, 19 Juli 2021 | 22:22       Dibaca 44 kali


Kutim (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur, H. Nasrun pada Senin (19/07) mendampingi Wakil Bupati, H. Kasmidi Bulang melakukan peninjauan ke beberapa masjid-masjid yang berada di wilayah kota Sangatta dan sekitarnya. Peninjauan ini merupakan hasil rapat evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengenai protokol kesehatan untuk pelaksanaan salat Idul Adha tahun 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli esok hari.

Turut ikut mendampingi pula dalam peninjauan protokol kesehatan yakni dari Polres Kutai Timur, Kodim 0909 dan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang tergabung dalam tim gugus Covid-19 wilayah Kutai Timur.

Secara terpisah, H. Nasrun menjelaskan hasil dari peninjauan ke beberapa masjid di Sangatta bahwa untuk memastikan kepada pihak masjid untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan alat suhu thermo gun, tempat pencucian tangan dan spanduk himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan secara penuh.

Dari informasi yang didapatkan, rencananya pada saat pelaksanaan salat Ied sendiri, pasukan dari TNI & Polres Kutai Timur akan menurunkan sekitar 600 personil gabungan untuk membantu pengamanan salat Ied di sejumlah titik.

Adapun peninjauan protokol kesehatan ke masjid oleh tim gugus Covid-19 diarahkan dari Masjid Agung Al Faruq, Masjid Darussalam, Masjid At-Taqwa, Masjid Al Mujahidin dan Masjid At-Taubah. Dari semua titik masjid yang dikunjungi merupakan masjid-masjid yang memiliki jema'ah salat yang cukup banyak. Karena itu, kepada pihak pengurus maupun panitia salat Ied agar diingatkan akan pentingnya anjuran protokol kesehatan tersebut. (fd)

Kontributor : Humas Kankemenag Kutim
Editor : Windy Adi Rumawan