Memacu Semangat Para Guru Membina Siswa dalam Lomba Myres

Rabu, 21 Juli 2021 | 18:58       Dibaca 193 kali

Kegiatan Workshop Myres MTs Negeri 1 Balikpapan

Balikpapan (Madrasah) - Di masa pandemi ini tidak menyurutkan semangat  MTs Negeri 1 Balikpapan untuk melaksanakan Workshop secara Virtual meet. Di hari Jum’at pagi, tanggal 16 Juli 2021 kegiatan workshop berlangsung dengan nara sumber Enik Kurniawati, M.Pd yang merupakan mentor Myres  berasal dari MTs N 2 Kediri ,Jawa Timur.

Tepat jam 09.00 WITA, kegiatan workshop dimulai. Ibu Roihanun, BA. S.Pd memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan workshop. Dalam sambutannya beliau mengingatkan,” MTs Negeri 1 telah membuktikan kepiawaiaannya sebagai Madrasah Riset, karena di tahun 2020 lalu,  Ibu Eka Diana Permai sebagai pembina riset siswa telah  mendapatkan juara  IV lewat karya risetnya di ajang Lomba Myres tingkat Nasional dari sebanyak 6000 karya riset yang masuk dalam lomba Myres, untuk membuktikan di tahun ini ada yang mewakili untuk mendaftarkan beberapa karya riset siswa yang dipandu oleh bapak ibu guru semua.”

“ Semoga materi yang diberikan ibu Enik,  selaku nara sumber dapat menjadi acuan dan bekal bapak ibu dalam menyelesaikan proposal Riset yang telah dipersiapkan, “ tutup ibu Roihanun mengakhiri sambutannya. Acara inti berupa uraian materi Workshop dari Ibu Enik Kurniawati sangat terinci dan menarik beliau berpesan, “  Dalam membuat judul Riset intinya kata-katanya yang menarik dan menjual sehingga dewan juri tergoda dan penasaran untuk membacanya. manfaatkan situasi pandemi yang ada sekarang ini dan sesuaikan dengan bidang yang diminati misal sosial, agama, sains, matematika, seni dan lain-lain. “

Beberapa tips diberikan beliau dalam membuat judul Riset, latar belakang. tujuan penelitian, dan juga uji statistik baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sebelum kegiatan ditutup, moderator mempersilahkan beberapa orang   guru yang ingin konsultasi secara langsung dengan nara sumber sehubungan dengan  kendala pada proposal yang telah dipersiapkan. Dalam menjawab pertanyaan yang diajukan para guru, nara sumber sebelumnya pasti bertanya judul apa yang diambil dalam Proposal riset, apabila judul menurut beliau kurang mengena atau sudah umum, beliau akan memberikan solusi bagaimana sebaiknya sehingga nanti dalam mengumpulkan bukti untuk menganalisa riset lebih mudah dilakukan.

Tak terasa waktupun sudah menunjukkan pukul 12.00 WITA, sebelum menutup kegiatan workshop moderatorpun meminta ijin  kepada nara sumber untuk dapat konsultasi melalui via WA dan telpon di lain hari untuk penyempurnaan proposal riset  bapak dan ibu guru.

Tak menutup kemungkinan di lain hari, workshop dengan tema lainpun akan diagendakan dan akan mengundang kembali nara sumber secara virtual meet. Ucapan terima kasih kepada nara sumber atas ilmu yang telah ditransfer, ibu kepala madrasah dan wakil kepala, segenap bapak ibu guru yang sudah bergabung dalam kegiatan menutup kegiatan workshop siang itu.

Kontributor: Humas MTsN 1 Balikpapan 

Editor : Ruhainah