Sehari sebelum pelaksanaan Simulasi, Proktor MTsN 1 Paser Ikuti Training AKMI

Selasa, 03 Agustus 2021 | 10:40       Dibaca 218 kali

Kegiatan Training Aplikasi AKMI via Zoom Meeting

Paser (madrasah) – Sehari sebelum melaksanakan kegiatan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Proktor Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Paser ikuti kegiatan implementasi Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) REP-MEQR Tahun Anggaran 2021, yang di laksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Selasa (03/08)

Pada kegiatan ini dilaksanakan Training Helpdesk (HD) Provinsi & Proktor Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) (Validasi Instrumen Asesemen Kompetensi Madrasah Indonesia) , yang dibuka secara langsung oleh Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Bapak Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M. Pd.

“silahkan bapak/ibu ikuti kegiatan ini dengan serius, ambil ilmunya dan pergunakan saat pelaksanaan simulasi dan utamanya nanti, saya juga berpesan mulai hari ini sampai seterusnya nanti bapak-ibu dalam uji validitas ini sangat strategis. Oleh karena itu saya titip bapak-bapak ibu-ibu bagaimana supaya aktivitas pengerjaan anak di dalam validasi instrumen itu betul-betul dia murni bisa melakukan aktivitas apa adanya dengan tepat” pesannya.

Sementara itu Ibu Yuna Kadarisman menjelaskan terkait kesiapan proktor untuk kegiatan AKMI ini, menurutnya “proktor sudah mengisi profil madrasah dan jumlah siswa, memilih jadwal, setting kegiatan dimadrasah atau dirumah, dan hadir di zoom saat pelaksanaan simulasi Akmi” Ucapnya.

Sedangkan bu Najla selaku pengembang aplikasi menyebutkan aplikasi AKMI masih tahap uji coba dan simulasi. “Inikan aplikasi baru dan tahap uji coba, jadi kita besok sama-sama mencoba masuk dalam aplikasi tersebut. Untuk data siswa akan segera kami fixkan malam ini” sebutnya.

Bapak Alamsyah saat mengikuti kegiatan tersebut mengatakan sangat bermanfaat bagi proktor dalam melaksanakan kegiatan simulasi AKMI besok, dirinya juga menambahkan “kesiapan MTsN 1 Paser sudah mecapai 99% , tinggal melaksanakan kegiatannya saja lagi” tegasnya,

Adapun pelaksanaan simulasi Akmi dilaksanakan pada tanggal 04 sampai dengan 26 Agustus secara online. (Akh)

Kontributor : Akh 

Editor : Ruhainah