Penghulu figure sentral, Pengembangan Moderasi Beragama.

Kamis, 07 Oktober 2021 | 14:21       Dibaca 223 kali


Samarinda (Humas) – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda menggelar Sosialisasi Moderasi Beragama. Kegiatan dilaksanakan di Aula Manasik Haji Kemenag Kota Samarinda secara luring, dengan penerapan protokol kesehatan, dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda DR. H. Baequni, M.Pd., dan didampingi oleh Ketua Panitia Penyelenggara H. Ridla, M.H. Kamis (07/10). 

Kepala Seksi Bimas Islam H. Ridla., selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 17 orang peserta terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Penghulu ASN se Kota Samarinda dan kegiatan tersebut dalam rangka memperkuat wawasan penghulu mengenai moderasi beragama. serta memperkuat penghulu dalam hal pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi. 

Kasi Bimas Islam menyampaikan : "Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari dalam rangka memberikan pemahaman mengenai isu dan perkembangan kekinian yang berlangsung di masyarakat, sehingga penghulu memiliki bekal yang komprehensif,". 

Kepala Kantor Kemenag Kota Samarinda H. Baequni menyampaikan bahwa :” dalam hal moderasi beragama yang penting bagi Para Penghulu adalah bagaimana memahami posisi dan peran, mengapa penghulu perlu menampatkan diri sebagai subjek aktif dalam pengembangan moderasi beragama. Sebab penghulu tidak saja sebagai salah satu figure sentral, tetapi juga tokoh agama dan panutan para umat Islam pada lingkup local, sehingga pikiran, sikap dan prilakunya dapat menjadi haluan dalam mengawal upaya modersi tersebut”

"Penghulu sebagai bagian integral dari Kementerian Agama yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi melakukan pembangunan bidang agama, perlu memiliki perspektif dan cara pandang yang sama tentang moderasi, bahkan dalam beberapa tahun kedepan juga memberi penguatan harmonisasi dan kerukunan umat beragama, mendukung penyelarasan relasi agama dan budaya; bahkan pada peningkatan kualitas layanan kehidupan beragama serta pengembangan ekonomi sumber daya keagamaan yang secara langsung dan tidak langsung menguatkan bangunan NKRI" katanya. 

H. Baequni mengapresiasi panitia pelaksana yang menyelnggarakan acara tersebut dan telah menghadirkan narasumber yang diharapkan memberi input dan pencerahan dari berbagai latar belakang dan pengalaman, agar menjadi bahan para Penghulu melakukan tugas yang berorientasi moderasi.

Narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua MUI Kota Samarinda., Dari Organisasi Keagamaan Islam NU, Dosen UINSI Samarinda dan kalangan aktivis Muda Ansor Samarinda (Han)

Kontributor : Johansyah

Editor : Ruhainah