Kanwil Kemenag Kaltim Gelar Seleksi Pengawas PAI, Kabid Pakis Ingatkan Amanah

Senin, 08 November 2021 | 09:28       Dibaca 72 kali


Samarinda (Humas Kanwil) - Sebanyak 36 aparatur sipil negara (ASN) mengikuti seleksi calon pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat wilayah Provinsi Kalimantan Timur bertempat di Aula Lantai 2, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Timur, Senin (8/11).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis)  Abdul Khaliq dengan didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Tingkat Dasar Nur Ainah, Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Islam (Pokjawas PAI) Provinsi Kalimantan Timur, Suhaini dan Yaman. 

Peserta yang berprofesi sebagai guru ini akan melaksanakan tahapan seleksi dimulai dengan tes tertulis dilanjutkan dengan mempresentasikan karya ilmiah yang telah dibuat, dan diakhiri dengan wawancara. 

Disampaikan Kabid Pakis bahwa pelaksanaan seleksi tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan calon pengawas PAI agar berkompeten di bidangnya. "Pengawas adalah pendidik para guru, olehnya seseorang yang menduduki jabatan ini harus memiliki kompetensi sebagai mana yang telah disyaratkan," ucapnya.

Abdul Khaliq juga mengingatkan kepada peserta, ketika telah diberikan amanah sebagai seorang pengawas nantinya benar-benar mengawasi dan menekuni profesi sebagai pengawas, "karena sebenarnya pengawas ini harus amanah dan juga kerja tambahan bagi seorang guru PAI." Tuturnya. 

Ia juga berharap dengan adanya seleksi ini dapat membentuk para pengawas PAI yang kompeten secara praktik (praktisi) dan teori (akademisi). (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria
Editor: -