Hilaliyah: DWP Kemenag Sebagai Agen Penggerak Penguatan Moderasi Beragama

Kamis, 18 November 2021 | 14:35       Dibaca 162 kali


Kukar (Humas Kanwil) - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Hilaliyah Masrawan melakukan pembinaan dan silaturahmi bersama pengurus DWP Kemenag Kutai Kartanegara di Ruang Pertemuan Dharma Wanita Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodam VI Mulawarman, Kamis (18/11).

Dalam pembinaan kali ini, Hilaliyah menyampaikan terkait peran DWP sebagai agen penggerak penguatan moderasi beragama dan revitalisasi KUA yang menjadi program prioritas Kementerian Agama. 

Ketua DWP Kanwil Kemenag Kaltim Hilaliyah menyampaikan arahan apa yang bisa DWP lakukan untuk mendukung program penguatan moderasi beragama. "Pertama, sebagai anggota DWP Kemenag wajib mendukung program ikhtiar ini, kita harus yakin, teguh, damai, dan nyaman dengan keyakinan kita sendiri tetapi disaat bersamaan kita juga merasa damai, dan nyaman bersilaturahmi dengan orang yang berbeda keyakinan dengan kita," ucapnya.

Pesan kedua, beliau juga mengatakan bahwa sebagai seorang ibu penting menanamkan nilai-nilai kebaikan tentang Islam yang Rahmatan Lil 'Alamin kepada anak-anak. "Dengan harapan kelak akan menjadi karakter dalam diri mereka hingga dewasa. Mengajarkan tentang cara bersikap menghadapi perbedaan agar hidup tetap damai dan nyaman," 

Selain itu, Hilaliyah juga menuturkan bahwa KUA akan menjadi rumah penguatan moderasi beragama dan menjadi teras depan Kemenag dalam pelayanan urusan keagamaan di masyarakat, sehingga memiliki performa yang baik, ramah dan tidak menyulitkan masyarakat.

"Para penghulu juga dituntut untuk menyampaikan bagaimana cara menjaga keutuhan rumah tangga dan meminimalisir perceraian." Pesan Hilaliyah. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria
Editor: -