Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah Sebagai Penguatan Keluarga Harmonis

Jumat, 19 November 2021 | 18:53       Dibaca 52 kali


Samarinda (Humas Kanwil) - Program bimbingan perkawinan bagi calon pengantin dan usia pra nikah merupakan wujud nyata sesungguhnya Kementerian Agama dalam pembangunan bangsa melalui perkawinan yang ideal, juga ketahanan keluarga yang menjadi penopang ketahanan bangsa.

Melalui program tersebut, Bimbingan Masyarakat Islam menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) fasilitator keluarga sakinah lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Diamond Samarinda yang dilaksanakan pada 19-21 November mendatang.

Dengan didampingi Kabid Bimas Islam Muhammad Isnaini dan Kasi Kepenghuluan Elhamsyah, Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya keluarga yang kuat merupakan salah satu pondasi dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Kehidupan rumah tangga merupakan unit terkecil dalam sebuah tatanan kehidupan sosial, termasuk di dalamnya adalah kehidupan berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu kekuatan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kekuatan keluarga,” ucapnya, Jumat (19/11).

Penguatan persiapan perkawinan tidak hanya diorientasikan pada penguatan pengetahuan saja namun juga memampukan pasangan calon pengantin dalam mengelola konflik dan menghadapi tantangan kehidupan global yang lebih berat.

Oleh karena itu, Kakanwil menuturkan bahwa pentingnya kesiapan berumah tangga, “maka calon pengantin perlu mengikuti program bimbingan perkawinan, agar calon pengantin memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup di dalam membangun kehidupan berumah tangga,” terangnya.

Melalui bimtek fasilitator keluarga sakinah ini Masrawan juga  berharap dapat menekan angka perceraian, kasus kekerasan di dalam rumah tangga yang sering terjadi dan lembaga pernikahan yang semakin hilang sakralitasnya.

“Sebagai fasilitator bimtek diharapkan dapat memenuhi berbagai jenis persoalan yang muncul dan dapat memberikan solusi yang kontruktif bagi calon pengantin agar menjadi kesiapan membangun kehidupan berumah tangga dengan mewujudkan ketahanan bangsa.” Pesannya. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria
Editor: -