Kakan Kemenag Samarinda, Buka Sekaligus Memberikan Materi Pembekalan Panitera

Rabu, 24 November 2021 | 06:05       Dibaca 34 kali


Samarinda ( Humas) –  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda Dr. H. Baequni, M.Pd., membuka kegiatan Pembekalan Bagi Panitera MTQ di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda yang berlangsung di Aula Manasik Haji Kemenag Kota Samarinda, Selasa (23/11) pagi.

H. Baequni., dalam kata sambutannya menyambut baik pembekalan bagi Panitera MTQ yang dilaksanakan tersebut.  Menurut H. Baequni., yang juga sebagai Ketua I LPTQ Kota Samarinda, mengatakan, pembekalan ini demi untuk meningkatkan kesuksesan penyelenggaraan MTQ pada saat mendatang.

“Saat ini memang tidak bisa dilepaskan dari teknologi informasi. Di Kota Samarindai sendiri, kita sudah menjadi smart city  yang menjadi misi pertama, salah satunya adalah meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi,” ujarnya.

“Sehingga suka tidak suka, mau tidak mau bahwa kita melakukan transformasi, perubahan-perubahan yang positif yang berkaitan dengan teknologi informasi,” Lanjut H. Baequni., mengingatkan jika teknologi layaknya seperti pedang bermata dua, bisa positif apabila digunakan dengan baik. Tapi juga bisa negatif kalau penggunaannya salah.

Berkaitan dengan LPTQ Kota Samarinda, H. Baequni., selaku ex officio dalam proses memajukan pengembangan pendidikan dan kecintaan serta membumikan Al-Quran di Kota Samarinda, mengajak untuk sungguh-sungguh melakukan perubahan-perubahan dari berbagai aspek.

“Salah satunya adalah dengan teknologi informasi dalam proses MTQ. Tujuannya adalah tentang pelatihan ini jangan dianggap menjadi sesuatu mempersulit, tapi sebaliknya adalah alat teknologi yang digunakan untuk mempermudah,” tambahnya.

Pelatihan merupakan bagian dari perubahan dan pembelajaran secara kontinyu. “Sehingga, jangan sampai kita menjadi orang yang merugi karena tidak mau melakukan perubahan,” pungkas Maulana.

Sebelumnya, ketua panitia H. Ridla., menjelaskan tujuan pelatihan adalah untuk memperkenalkan sistem IT atau digital yang digunakan pada MTQ. Sistem IT ini kata H. Ridla karena sudah dipergunakan pada MTQ dan perlombaan lainnya.

“Jadi mulai dari registrasi peserta sampai kepada penilaian dewan hakim. Nanti aplikasinya akan diterangkan lebih lanjut oleh nara sumber,”. (han)

Kontributor: Humas Kemenag Samarinda
Editor: Windy Adi Rumawan