Kemenag Samarinda Lakukan MoU Pelayanan Bimbingan Rohani

Rabu, 24 November 2021 | 06:09       Dibaca 37 kali


Samarinda (Humas) Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda dan  Rumah Sakit Dirgahayu, Rumah Sakit Atma Husaha, Lapas Narkonika dan Rutan Kelas II Samarinda melakukan perjanjian kerjasama (MoU) Pelayanan Bimbingan Rohani bagi Pasien  Rumah Sakit. Dan Narapidana, Penandatangan MoU tersebut dilakukan Kepala Kantor Kemenag Samarinda DR. H. Baequni, M.Pd dengan Perwakilan Rumah Sakit, Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Samarinda Selasa (23/11).

Adapun perjanjian kerjasama tersebut sebagai landasan dalam melakukan pelayanan bimbingan rohanian khusus untuk pasien yang memerlukannya, dan bertujuan tercapainya peningkatan pelayanan khususnya bimbingan rohani bagi pasien khusus di Rumah Sakit, Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan.

Sebelum dilakukannya penandatanganan perjanjian tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kota Samarinda H. Baequni, menyampaikan bahwa salah satu tugas Kementerian Agama adalah memberikan pelayanan dan bimbingan kepada semua umat beragama sesuai dengan  keyakinannya masing - masing. Dikatakan Kepala Kemenag Samarinda, kerjasama dua lembaga ini adalah sangat penting untuk menjaga  legalitas pelayanan bimbingan yang dilakukan, sehingga  bimbingan yang diperoleh para pasien dan narapidana adalah dari lembaga dan utusan resmi pemerintah. Kakan Kemenag Samarinda berharap agar rumah sakit, Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan juga menyediakan fasilitas kerohanian  bagi pasien dan Narapidana

Kerjasama ini diharapkan agar pasien yang dirawat dapat merasakan dukungan dan  bantuan sehingga  jika pasien mengalami penyakit kritis, saat - saat  terakhir dalam hidup bisa bermakna dan akhirnya dapat meninggal / wafat dengan tenang dan damai.tetapai juga sebenarnya bermanfaat selama pasien dalam perawatan, karena pada dasarnya pasien sedang mengalami kesedihan sehingga akan semangat dan memiliki persaaan yang tenang jika diberi siraman rohani.

Penandatangan MoU tersebut turut disaksikan Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Jurait, S.Ag, MH., Kasi Bimas Islam H. Ridla, Perwakilan Rumah Sakit, Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan dan Utusan Seluruh Penyuluh Agama. (Han)

Kontributor: Humas Kemenag Samarinda
Editor: Windy Adi Rumawan