MTs Al Mukarramah Gelar Pelatihan RDM

Rabu, 24 November 2021 | 13:52       Dibaca 140 kali

Para peserta menyimak instruksi nara sumber sekaligus mempraktekkannya langsung

Bontang (Humas) - Madrasah Tsanawiyah (MTs) AL Mukarramah Bontang, Rabu (24/11) pagi tadi menggelar Pelatihan Raport Digital Madrasah (RDM). Pelatihan berjalan dalam suasana santai di teras kelas MTs dengan nara sumber adalah Fathul Mubin selaku operator aplikasi madrasah di Wilayah Kota Bontang. Peserta merupakan Kepala Madrasah, Wali Kelas, dan guru sejumlah 12 orang.

Kepala MTs Al Mukarramah Hasnatan berharap melalui kegiatan ini para guru dapat memahami dan menerapkannya dalam pelaksanaan tugasnya. "Harapannya semua guru bisa menyimak apa yang diinstruksikan oleh nara sumber sehingga kedepan sudah bisa mengaplikasikannya sendiri. Aplikasi RDM sendiri rencananya akan kami gunakan pada semester ganjil ini untuk memberikan nilah kepada siswa," sebutnya.

"Dari segi pengoperasiannya aplikasi ini lebih mudah dibandingkan yang sebelumnya yaitu ARD. Waktu yang dibutuhkan untuk menginput nilai lebih cepat sehingga lebih efektif dan efisien. Sengaja kami mengundang operator aplikasi madrasah agar bisa memberikan penjelasan tentang langkah-langkah penggunaan aplikasi RDM sekaligus mempraktekkannya langsung sehingga lebih cepat dipahami bagi para guru. Melalui RDM ini baik Kepala Madrasah, guru, wali kelas hingga orang tua bisa memantau sejauh mana perkembangan capaian kompetensi siswa secara real time," tambahnya.

Untuk informasi RDM adalah aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar siswa yang dikembangkan oleh Ditjen Pendis Kemenag RI. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan atas aplikasi sebelumnya yaitu ARD (Aplikasi Raport Digital) dengan berbagai perbaikan oleh tim teknis Kemenag. RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah karena disimpan langsung dalam server pusat sehingga jika dibutuhkan sewaktu-waktu dapat digunakan. (sch)

Kontributor: Humas Kemenag Bontang
Editor: Windy Adi Rumawan