Tingkatkan Sistem Pendidikan di Indonesia Melalui Sosialisasi Puslitbang Kemenag

Kamis, 25 November 2021 | 10:00       Dibaca 21 kali


Samarinda (Humas Kanwil) - Badan penelitian dan pengembangan dan pendidikan dan pelatihan Kementerian Agama RI menggelar sosialisasi hasil penelitian dan pengembangan pendidikan agama dan keagamaan yang berlangsung di Swiss-Belhotel Borneo Samarinda, Kamis (25/11).

Sebanyak 30 peserta hadir dalam sosialisasi tersebut yang terdiri dari berbagai perwakilan seperti, Kemenag, madrasah, dan pengawas PAI di lingkung Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur.

Mewakili Kakanwil Kemenag Kaltim Masrawan, Kabid Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis) Abdul Khaliq menuturkan bahwa penelitian dan pengembangan dianggap sebagai sebuah metode penelitian yang ampuh dalam memperbaiki praktik-praktik pendidikan yang sudah usang dan tidak relevan dengan perkembangan zaman.

“Bagi dunia pendidikan yang selalu membutuhkan pemutahiran teori dan praktik pembelajaran, penelitian dan pengembangan merupakan salah satu solusinya, produk pendidikan dapat berupa penemuan pengetahuan baru atau praktik pendidikan yang orisinal,” tutur Khaliq.

Kementerian Agama terus memperbaiki serta meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia salah satu upayanya melalui sosialisasi hasil penelitian dan pengembangan pendidikan agama dan keagaman ini.

“Diharapkan nantinya mampu menjembatani kesenjangan antara sesuatu yang terjadi dalam penelitian pendidikan dengan praktik pendidikan serta dapat menghasilkan produk penelitian yang dapat digunakan untuk pengembangan mutu pendidikan dan pembelajaran secara efektif,” harap Kabid Pakis tersebut.

Diakhir penuturannya, Abdul Khaliq juga menyampaikan bahwa maraknya internet membuat berita palsu makin gencar tersebar demi kepentingan tertentu, untuk itu ia mengingatkan kepada peserta yang hadir untuk tidak mudah percaya dengan hoaks yang beredar.

Selain itu, ia juga mengingatkan akan pentingnya moderasi beragama sebagai solusi, agar dapat menjadi kunci penting untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmoni, damai, serta menekankan keseimbangan dalam kehidupan secara keseluruhan. (ran)

Kontributor: Maharani Ramadhanty Fitria                

Editor: -