Kemenag Kaltim Studi Tiru Zona Integritas ke Kanwil Kemenag Bali

Jumat, 26 November 2021 | 07:31       Dibaca 153 kali

Kakanwil Kemenag Kaltim bersama Kakanwil Kemenag Bali didampingi Kabag Tata Usaha meninjau Fasilitas Layanan PTSP di Kanwil Kemenag Bali. (25/11/202

Bali (Humas-Kanwil) - Keberhasilan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali meraih predikat Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dibawah Kepeminpinan Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag, M.Si menjadikan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali menjadi rujukan oleh Menteri Agama sebagai benchmarking atau tolok ukur dalam pembangunan Zona Integritas.

Oleh karenanya, pada Kamis, 25 November 2021. Kepala Kantor Wilayah Kementarian Agama Provinsi Kalimantan Timur H.. Masrawan, didampingi Kabag Tata Usaha H. Mohlis beserta seluruh jajaran melaksanakan kegiatan studi tiru dan bertandang menimba ilmu terkait pembangunan Zona Integritas di Provinsi Bali.

Bertempat di Aula Kawil Kemenag Bali, Kakanwil Kaltim H. Masrawan dengan semangat meyampaikan instruksi kepada seluruh jajaran yang hadir untuk segera meniru apa yang telah didengar dan dilihat untuk mengembangkan layanan dan PTSP dalam rangka meningkatkan Zona Integritas di satuan kerja masing-masing, dengan harapan status WBK dapat tercapai. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Dr. Komang Sri Marheni, S.Ag, M.Si menyampaikan kunci suksesnya dalam membangun Zona Integritas. “Kunci dari penerapan WBBM sebenarnya adalah komitmen dari pimpinan. Dengan komitmen harus dijalankan secara konsisten dalam penerapannya hanya itu kuncinya. Satukan langkah mulai dari komitmen yang konsisten” Ujar Marheni. Selain komitmen dari pimpinan, aspek pendukung lainnya adalah kerjasama dan keikhlasan dari seluruh jajaran untuk mau maju dan berubah. Meninggalkan zona nyaman dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

Sri Marheni juga menjelaskan bahwa dirinya dalam membangun Zona Integritas tidaklah selalu bergantung dengan anggaran yang tersedia, dengan menunkjukkan kinerja terlebih dahulu maka prestasi yang dihasilkan serta merta dapat memberikan dukungan anggaran. “Memanfaatkan SDM yang kita miliki dan mampu menggerakkan semua lini saya lakukan dalam upaya meraih WBBM di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali” ujar beliau.

Usai meberikan arahan, Kakanwil Kaltim dan jajaran didampingi Kakanwil Kemenag Bali bersama meninjau seluruh fasilitas Rumah Pelayanan Agama dan Keagamaan atau PTSP yang telah dirubah konsepnya menjadi lebih baik dan nyaman pagi pengunjung serta pelayanan yang cepat.

Dengan menjelaskan setiap sudut Rumah Pelayanan dengan berbagai fisolofi dan kegunaannya. Selain itu juga berbagai inovasi yang berbentuk digital pun ditunjukkan dan dijelaskan oleh Ka Kanwil. Semoga ilmu yang telah dibagi oleh Provinsi Bali mampu diterapkan oleh Provinsi Kalimantan Timur, dengan berlandaskan semangat perubahan untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik. (zky)

editor: ahmadzaky@kemenag.go.id