Gelar Pembinaan Ideologi Pancasila, Kemenag Paser Undang Kepala BPIP RI

Selasa, 30 November 2021 | 07:29       Dibaca 82 kali

Pembinaan Ideologi Pancasila oleh Kepala BPIP RI (Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Pd.D) diselenggarakan Kantor Kemenag Paser

Paser (Humas) – Munculnya berbagai faham terkait pemaknaan Pancasila, menjadi salah satu alasan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser menyelenggarakan Pembinaan Ideologi Pancasila bertempat di Gedung Pusat pembelajaran Terpadu MAN Insan Cendikia Paser Jl. Negara Desa Sempulang Kabupaten Paser, pada Senin (29/11).

Kantor Kementerian Agama yang bekerja sama dengan MAN IC Paser mengundang Kepala BPIP Republik Indonesia, KH. Yudian Wahyudi. Kehadiran beliau beserta rombongan merupakan agenada kunjungan dinas menuju Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Kepala Kantor Kemenag Paser, Maslekhan mengungkapkan dalam sambutannya bahwa kehadiran Kepala BPIP RI tersebut diawali melalui komunikasi dunia maya. Meskipun begitu, harapan untuk dapat memberikan materi terkait Ideologi Pancasila di Bumi Daya Taka adalah inti dari komunikasi tersebut.

“Kami ucapkan selamat datang di Bumi Daya Taka Kabupaten Paser kepada Kepala BPIP RI yang telah hadir. Kegiatan ini pada dasarnya terlaksana melalui komunikasi yang terjalin di dunia maya,” ungkap Maslekhan.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa sebagai perwujudan warga negara yang menjunjung tinggi kedaulatan negaranya. Melalui kegiatan pembinaan semacam ini dapat menjadi manifestasi sebagai warga negara yang memahami Ideologi Pancasila dengan baik.

Sementara itu, KH. Yudian Wahyudi dalam penyampaian materinya menerangkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang dahulu tumbuh tanpa memiliki kekuatan militer, politik bahkan ekonomi yang memadai. Namun melalui semangat persatuan seluruh warga negara yang menginginkan kemerdekaan serta perubahan menjadi modal utama kekuatan bangsa untuk merdeka.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang lahir tanpa memiliki kekuatan Militer, Politik dan Ekonomi yang baik. Namun bangsa ini memiliki persatuan yang begitu kuat untuk merdeka. Dan Pancasila merupakan bukti dari persatuan itu yang merupakan mukjizat yang harus dipertahankan,” jelasnya dengan penuh haru.

Dalam kegiatan tersebut juga, Kepala MAN IC Paser Ismail yang sebelumnya berkesempatan memberikan sambutan, juga turut mungucapkan selamat datang dan berbangga atas kehadiran Tokoh Negara tersebut. Beliua bahkan berharap dengan kehadiran Kepala BPIP RI dapat memberi keberkahan bagi seluruh peserta yang telah hadir.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan cinderamata dan buku karangan KH. Yudian Wahyudi kepada Kepala Kantor Kemenag Paser, Kepala MAN IC Paser, Persatuan Penghulu, Lembaga Adat Paser dan tamu undangan lainnya. (bas)

Kontributor: Humas Kemenag Paser
Editor: Windy Adi Rumawan